Bolehkah Mencampur Nitrogen dan Angin Biasa Saat Mengisi Tekanan Ban Kendaraan ?

MotorkuID.Com -  Pertanyaan judul di atas membuat saya dirundung rasa penasaran, setelah saya mengganti ban motor belakang menggunakan ban tubeless. dan ternyata ban tubeless tersebut bukan di isi angin biasa tapi menggunakan Nitrogen. 

Bagaimana jika Nitrogen dan angin biasa di campur ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya mencari beberapa referensi  dan kebanyak mengatakan bahwa Nitrogen dan angin biasanya pada dasarnya boleh dicampur, tapi keuntungan yang didapatkan dari Nitrogen yang salah satu keunggulannya menjaga kestabilan suhu dalam ban menjadi hilang apabila dicampur dengan angin biasa.

Apa Boleh Mencampur Nitrogen dan Angin Biasa pada Ban Kendaraan ?
Pompa Nitrogen
Sifat nitrogen yaitu mampu menjaga kestabilan suhu dan tekanan ban sehingga  tidak cepat panas dan memuai, sebaliknya angin biasa (Oksigen) memiliki sifat cepat panas sehingga mudah memuai yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan ban pecah.

Dilansir dari Karimunestilo.com menjelaskan bahwa majalah otomotif pernah melakukan tes dimana ban mobil diisis campuran Nitrogen dan  angin biasa dengan tekanan ban mencapai 33 psi. Saat mobil dikendarai dengan jarak tempur 29 KM pada saat siang hari dimana matahari sedang memancarkan sinarnya yang cukup terik, kemudian tekanan ban mobil diukur kembali dan hasilnya menunjukkan adanya peningkatan dari sebelumnya 33 psi menjadi 36 psi. Terjadi kenaikan sebesar 3 psi hal ini menunjukkan angin biasa lebih mendominasi ketimbang Nitrogen yang mengakibatkan terjadinya kenaikan suhu ban.

Diperkuat pernyataan Ardy yang merupakan salah satu karyawan SPBU yang khusus mengisi Nitrogen di Jakarta Barat menjelaskan bahwa jika ban yang telah diisi Nitrogen dan dicampur angin biasa gas nitrogennya yang kalah. Malah campuran yang terjadi akan menciptakan reaksi pemuaian yang lebih cepat saat terkena panas, apalagi jika kendaraan dibawa dengan jarak tempuh yang jauh. Potensi ban pecah akan sangat tinggi dan tentunya sangat membahayakan si pengendara. (otomotifnet.com)

Jadi kesimpulannya adalah dengan mencampur Nitrogen dan angin biasaya akan berdampak pada kondisi ban yang berpotensi meletus gara-gara terjadi pemuaian karena panas berlebih. Disarankan untuk Anda yang sudah menggunakan Nitrogen untuk terus menggunakan Nitrogen, namun bukan berarti tidak boleh lagi menggunakan angin biasa, ada caranya yaitu  mengisi tekanan ban yang sebelumnya sudah di isi Nitrogen, Nitrogen dikuras dahulu sampai ban benar-benar kosong setelah itu baru di isi angin biasanya. Dengan begitu potensi terjadinya pemuaian karena panas berlebih bisa dikurangi sehingga potensi ban pecah bisa dihindari. Baca juga Biar Nyaman Dikendarai, Isi Nitrogen Ban Aja Motor Mu


Semoga bermanfaat... 

Biar Nyaman Dikendarai, Isi Nitrogen Ban Aja Motor Mu

MotorkuID.Com – Saya penasaran dengan motor yang saya tunggangi setelah mengganti ban belakang menjadi ban tubeless ? kok motor jadi lebih gesit saat digunakan, pikir saya apa karena ban di isi Nitrogen.

Seperti diketahui Nitrogen merupakan unsur yang terkandung dalam udara yang kita hirup sehari-hari sebanyak 78 %. Dalam dunia otomotif Nitrogen ini digunakan untuk keperluan balapan, namun saat ini Nitrogen banyak digunakan pada kendaraan biasa.

Pengisian ban menggunakan Nitrogen motor maupun mobil sangat lumrah sekali dijumpai terutama di SPBU-SPBU yang menyediakan layanan pengisian Nitrogen. Sebenarnya pengisian Nitrogen pada ban sama prinsipnya jika kita mengisi tekanan ban menggunakan angin atau oksigen, perbedaannya hanya masalah di harga untuk mengisi Nitrogen saja harus merogoh kocek sekitar Rp 10.000 sedang kalo menggunakan angin biasa cukup Rp 2.000 saja.

mengisi tekan ban dengan nitrogen

Mahalnya pengisian tekanan ban menggunakan Nitrogen tidak lepas dari peralatan canggih dikhususkan untuk memproduksi Nitrogen hingga 99 % sehingga wajar untuk sekali isi harganya mahal, namun harga mahal sebanding dengan keuntungan yang diperoleh.

Nitrogen memiliki molekul yang lebih besar dibanding angin biasa, apabila Nitrogen digunakan untuk mengisi ban maka yang terjadi adalah gaya gesek di dalam ban lebih rendah ketimbang angin biasa atau oksigen. Alhasil potensi kebocorannya lebih besar dan ban juga tidak lebih panas dan performanya menjadi lebih stabil dan daya cengkraman serta kinerja ban akan menjadi optimal. Hal tersebut yang menjadi alasannya penggunaan Nitrogen pada ban di dunia balapan.

Keuntungan lain ban diisi nitrogen adalah tekanan ban akan terjaga lebih lama,sehingga akan sangat jarang mengisi ulang. Selain itu temperature suhu di dalam ban yang terisi Nitrogen akan terjaga kestabilannya sehingga sangat membantu mengurangi kecelakaan yang diakibatkan ban pecah atau overpressure.

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana jika di penggunaan Nitrogen pada ban di campur dengan angin biasa ? apakah ada dampaknya ?

Tunggu pembahasan berikutnya, jadi tetap setiap bersama blog kesayangan Anda ini ya. Baca juga  Yuk Cek Kondisi Ban Motor Mu, Apa Sudah Waktunya Diganti

Wow Pakai Ban Tubeless Motor Jadi Gesit di Jalanan

MotorkuID.Com – Sudah satu bulan ini Motor Honda Spacy yang selalu menemani setiap aktivitasku untuk berangkat ke kampus dan jalan menggunakan Ban Tubeless. Sebenarnya saya tidak ada kepikiran untuk mengganti ban lama ke ban tubeless, namun karena mendapatkan penjelasan dari Bengkel yang saya datangi akhirnya saya memutuskan untuk mengganti ban lama dengan ban tubeless.

Kongkritnya sih saya terpaksa mengganti ban lama dengan ban tubeless sebab saat sedang melakukan aktivitas yang memang membutuhkan motor, saat di tengah-tengah perjalanan ban motor mengalami kebocoran pada ban belakang, sudah mendorong hampir 1 Km tidak ada satu pun tukang tambal, malahan ketemu Toko khusus penjualan ban motor. Naasnya Toko tersebut sedang kehabisan ban dalam, akhirnya pihak Toko menyarankan diganti ban tubeless saja, sebab kalo motor matic gini enakan pakai ban tubeless. Dijelaskannya ban tubeless kalo kena paku atau apa gitu masih bisa tahan, jadi tidak perlu dorong-dorong motor buat nyari tukang tambal ban.


Wow Pakai Ban Tubeless Motor Jadi Geset di Jalanan

Tanpa berpikir panjang akhirnya saya memutuskan mengganti ban lama jadi ban tubeless, harganya waktu itu untuk ban tubeless plus pentil harganya jadi Rp 205.000,00.  Pengerjaannya tidak membutuhkan waktu lama sekitar 15 menit saja. Oh ya waktu itu ban tubelessnya di isi Nitrogen, bukan menggunakan angin biasa.


Singkat cerita ternyata memakai ban tubeless enak banget, saat berada di jalanan terasa nyaman dan sangat gesit sekali, mungkin hal ini disebabkan batikan ban tubelessnya seperti terlihat pada gambar di atas.


Ke depannya ban depan gilirannya untuk segera di ganti ban tubeless biar semakin gesit melintasi jalanan Purworejo, Jangan lupa baca juga Tekanan Ban Motor Itu Perlu di Cek Rutin Loh, Jangan Diabaikan

Hmmm Nyebut “Pretamex” Lebih Nyaman Ketimbang Pertalite

MotorkuID.ComPertalite merupakan bahan bakar terbaru yang telah diluncurkan sejak Juli 2015 hingga sekarang konsumsi Pertalite kian hari terus meningkat yang diikuti oleh menurunnya penjualan Premium dari 79 persen menjadi 68 persen. Hal ini mengindikasikan bahwa Pertalite sangat diterima di Masyarakat. Apakah Kamu sudah mencobanya ?

Ada satu hal unik yang terjadi di masyarakat khususnya di desa saya disela-sela saat saya sedang menghadiri acara pengajian, ada yang sedang membicara bahan bakar Pertalite. Mereka bilangnya minyak Pretamex, saya sedikit bingung kok disebutnya Pretamex kan Pertalite, soalnya sebutan Pertalite tidak nyaman diucapkan mending enakan nyebutin Pretamex.


Hmmm Nyebut “Pretamex” Lebih Nyaman di Ucapkan Ketimbang Pertalite

Saya pun tersenyum-senyum, yah dipikir-pikir memang penyebutan Pertalite ini memang agak gimana gitu, Coba kita lihat produk bahan bakar yang dimiliki Pertamina sebelum adanya Pertalite ini contoh diantaranya ada Premiun, Pertamax, Pertamax Plus. Nah ke tiga jenis BBM tersebut sangat mudah untuk disebut. Nah coba kalo Pertalite ?

Saya sendiri jujur saja setelah mendengar sebutan Pretamex, lebih enak nyebutin Pretamex. Baca juga Perlukan Pertalite Dipasarkan Guna Menggantikan Premiun di Masa Depan ?


Berbahaya !!! Perhatikan Rok Panjang Kamu Saat Mengendarai Motor

MotorkuID.Com – Mengendarai motor sangat membutuhkan sekali konsentrasi, apabila mengendarai motor sambil bermain handphone tentu akan sangat berbahaya bagi si pengendara maupun pengendara lain. Untuk itu sangat tidak diperbolehkan bagi pengendara kendaraan bermotor bermain-main handphone saat mengendarai kendaraan bermotor.

Baca juga Inilah 9 Cara Mengendarai Motor Matic Injeksi Supaya Awet

Namun, apa jadinya jika yang bermain-main handphone adalah yang membonceng?

Ya, gak masalah sih selagi tidak mengganggu si pembonceng, tapi jika sudah main handphone terus tanpa disadari rok yang dikenakan seperti yang terlihat di foto, dimana roknya sampai menutupi sebagian body motor bagian belakang, ini yang tidak diperbolehkan dan tidak patut untuk ditiru.

Gambar By aripitstop.com
Apabila sudah begini ya sudah tentu akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Lampu sein yang belakang yang  tertutup oleh rok membuat pengendara lain tidak dapat mengetahui jika sang pembonceng akan berbelok, sehingga sangat beresiko terjadi kecelakaan.

Tidak hanya itu, rok yang panjang juga bisa menyebabkan rok bisa terlilit di ban atau gear motor yang sedang berputar alhasil orang yang di bonceng dapat terpental atau terjatuh. Buat para wanita-wanita yang kesehariannya mengendari motor dan mengenakan rok panjang untuk lebih memperhatikan rok yang dikenakan agar saat sedang dalam perjalanan rok tidak sampai melilit di gear atau ban motor seperti terlihat pada foto di bawah ini

Gambar By aripitstop.com
Nah, kalo sudah kejadian seperti foto di atas repot juga kan melepasnya ? Jadi harus benar-benar diperhatikan ya,,,  Jangan lupa baca juga Cara Mengetahui Berapa Pajak Kendaraan Bermotor Khusus Wilayah Jawa Tengah


Wow Konsumsi Pertalite Lampaui Target, Apakah Distribusi Pertalite akan diperluas ?

MotorkuID.ComUji coba pemasaran Pertalite yang telah dilaksanakan sejak 24 Juli 2015 hingga saat ini target kuota yang ditetapkan oleh Pertamina telah melampui target, artinya respon masyarakat terhadap bahan bakar baru Pertalite sangat positif. Seperti diketahui bahwa Pertamina menunjuk 103 SPBU untuk memasarkan Pertalite yang berada di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Dilansir dari Otomania.Com dari Konsumsi Pertalite di 3 Lokasi tersebut per harinya sebesar 4.000 liter per hari jauh melampaui target yang telah ditetapkan yakni 2.000 liter per hari. Konsumsi Premium mengalami penurunan sebesar  di level 66 persen yang sebelumnya di level 79 persen. Artinya tren pergeseran konsumsi BBM dari Premium ke Pertalite telah terjadi.


Apakah Distribusi Pertalite akan diperluas ?

Nah bagi Anda yang juga kepingin ngerasain menggunakan Pertalite ini tidak perlu risau sebab Pertamina bakalan memperluas distribusinya sehingga masyarakat luas dapat menikmati produk bahan bakar terbaru dari Pertamina. Pendistribusian akan dilakukan secara bertahap guna melihat respon terhadap konsumsi BBM karena, tiap wilayah akan berbeda-beda.

Rencananya Pertamina akan menambahkan SPBU yang khusus menyediakan bahan bakar Pertalite di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah seperti Solo, Boyolali, Mojokerto dan Gresik, sedangkan daerah di luar Jawa belum ada rencana untuk pendistribusian.


Nah bagi kamu yang tinggal di daerah yang telah saya sebutkan tadi siap-siap untuk mencoba bahan bakar Pertalite untuk kendaraan motor Anda. Jangan lupa baca juga Inilah Cara Mengetahui Berapa Pajak Kendaraan Bermotor Khusus Wilayah Jawa Tengah

Inilah Cara Mengetahui Berapa Pajak Kendaraan Bermotor Khusus Wilayah Jawa Tengah

MotorkuID.Com – Berawal dari keingin tahuan saya terhadap pajak kendaraan motor Honda Spacy, sebab bulan Agustus 2015 tepatnya tanggal 15 nanti sudah harus membayar pajak motor saya untuk pertama kalinya. Saya mencoba mencari informasinya di internet dengan mengetikkan beberapa kata kunci terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor. Ketemulah beberapa blog yang merujukkan pada satu situs milik Pengprov Jawa Tengah yang menuju halaman untuk mengetahui informasi pajak kendaraan bermotor.

Sayangnya pengecekan pajak kendaraan bermotor ini hanya bisa dilakukan untuk wilayah Jawa Tengah saja, entah kalo provinsi lain. Bagi Kamu yang tinggal di wilayah Jawa Tengah dan  kebetulan sama seperti saya baru pertama kali membayar pajak motor, agak sedikit bertanya-tanya berapa sih pajak motor yang harus di bayarkan ? Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengetahui pajak kendaraan bermotor Anda.

1. Silahkan Anda menuju website Pengprov Jateng di alamat http://dppad.jatengprov.go.id/?page_id=226 , Anda akan dibawa menuju halaman seperti terlihat dibawah ini

inilah cara mengetahui berapa pajak kendaraan bermotor untuk wilayah jawa tengah

Silahkan Isi Nomor Kendaraan Anda di kolom yang tersedia dan klik Submit untuk mengetahui informasinya

Silahkan lihat tampilan di bawahnya akan terlihat informasi kendaraan bermotor Anda yang terlihat di bawah ini.

inilah cara mengetahui berapa pajak kendaraan bermotor untuk wilayah jawa tengah
Screenshot di atas informasi pajak kendaraan motor saya, disana terlihat dengan jelas berapa pajak yang musti di bayarkan dan juga tanggal berapa jatuh temponya.

Mudah bukan cara mengeceknya ? semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui informasi berapa pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki. Jangan lupa baca juga Cara Mudah Mengetahui Tingkat Keuasan Kampas Rem Tipe Tromol


Inilah Cara Mudah Mengetahui Tingkat Keuasan Kampas Rem Tipe Tromol

MotorkuID.Com – Apabila saat mengendarai motor dan melakukan pengereman sembari terdengar bunyi decit atau atau bahkan pengereman sudah tidak pakem, coba lakukan pengecekan terhadap kampas remnya barang kali sudah habis atau sudah tipis dan waktunya untuk diganti yang baru. Namun bukan berarti kampas rem tipis yang menyebabkan rem berbunyi decit tapi bisa juga karena kotoran yang menempul, apabila itu penyebabnya maka perlu dilakukan pembersihan.

Bagaimana Cara Mendeteksi Tingkat Keausan Kampas Rem Tipe Tromol ?

Kebanyak pemilik motor yang masih pemula apabila saat menginjak rem dan injakkannya terlalu dalam, maka kampas rem menandakan sudah tipis dan waktunya diganti. Padahal hal tersebut belum tentu benar, sebab apabila masih distel ulang maka melakukan penggantian kampas rem tidak perlu dilakukan sebab masih bisa berfungsi normal, tanpa harus menekan pedal rem sampai dalam. Nah untuk menentukan kampas rem tipe tromol yang benar-benar harus diganti bagaimana ?

Caranya cukup mudah sekali untuk mendeteksi tingkat keuasan atau tingkat ketebalan kampas rem tipe tromol dapat dilihat pada indikator keuasan yang letaknya di tutup tromol dan jarum segitiga. Tiap motor tanda ini berbeda-beda dan dibawah ini adalah indikator tingkat keuasan kampas rem tipe tromol berbentuk segitiga pada motor Honda Supra X 125 D.

Baca juga Usia 5 Tahun Motor Honda Supra X 125D Ku Performanya Masih Oke


Cara membacanya :

Apabila rem di tekan dan indikator jarum segitiga menunjukan masih jauh dari tanda segitiga yang ada ditutup tromol artinya kampas rem masih tebal, namun sebaliknya jika jarum indikator menempel pada indikator segitiga maka bisa dipastikan kampas rem sudah tipis dan harus segera diganti dengan yang baru.

Lakukan segera kampas rem yang sudah tipis dengan yang baru, apabila tidak segera tidak diganti beresiko besi pada kampas rem bergesekan dengan tromol kalau sudah begini biayanya bakalan lebih mahal sebab tromol juga harus diganti baru.

Jadi pastikan selalu cek kondisi keausan kampas rem motor kamu ya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Jangan lupa baca juga Gara-Gara Motor Dibawa Ke Gunung Rem Cakram Malah Blong

Perlukah Pertalite Dipasarkan Guna Menggantikan Premium di Masa Depan ?

MotorkuID.Com – Seperti kita ketahui bahwa pada tanggal 24 Juli 2015 Pertamina resmi melakukan uji pasar untuk penjualan bahan bakar Pertalite yang merupakan varian produk terbaru yang bisa dipilih oleh masyarakat khususnya para pengguna kendaraan roda dua untuk mendapatkan bahan bakar yang berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi motor.

Pertalite yang saat ini telah dijual di sekitar 103 SPBU yang berlokasi di kota besar yakni Jakarta, Bandung dan Surabaya menuai banyak komentar miring karena diyakini tidak sesuai dengan spesifikasi teknologi kendaraan di Indonesia yang sudah menerapkan standar Euro 2.

Baca : Inilah 3 Kota Besar Tempat Pemasaran BBM Pertalite dan Harganya


Dilansir dari tempo.co bahwa Direktur Eksekutif KPBB Ahmad Safrudin menjelaskan kendaraan yang ada di Indonesia terutama kendaraan roda dua minimal mememiliki kompresi rasi 9:1 karena itu harus menggunakan bahan bakar dengan RON 91 yang setara dengan Pertamax. Jika motor dipaksa menggunakan Pertalite atau Premium, maka motor akan cepat mengalami kerusakan karena proses pembakaran dalam mesin menjadi tidak maksimal.

Baca : Ketahui Apa Motor Kamu Harus Pakai BBM Premium Atau Pertamax ?

Hmmmm, menjadi dilema juga ya, saya sendiri sebagai masyarakat cukup senang dengan kemunculan Pertalite sebagai bahan bakar yang berkualitas yang bisa dipilih masyarakat yang bisa diperoleh dengan harga terjangkau Rp 8.400. Hanya saja saya bingung dengan berbagai komentar miring tentang kemunculan Pertalite ini, salah satu komentar yang mencuat adalah Pertalite sama saja dengan Premium karena tidak sesuai dengan standar yang digunakan di Indonesia seperti dijelaskan di atas tadi. Kok bisa begitu ?

Jika melihat dampaknya terhadap motor yang di isi Premium atau Pertalite, saya tanya ke Anda sayang gak dengan motornya ? jika disuruh jawab jujur, Anda akan menjawab apa ? Sayang atau Tidak ?

Saya yakin masyarakat Indonesia yang tergolong kelas menengah kebawah yang hanya memiliki kendaraan roda dua memiliki keinginan yang sama yakni ingin menggunakan bahan bakar yang berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dalam hal ini menggunakan Pertamax, namun apa daya harga yang terlampau mahal menjadikan masyarakat lebih memilih menggunakan Premium ataupun Pertalite yang saat ini telah dipasarkan dengan harga jauh lebih murah meski beresiko mempercepat kerusakan mesin.

Baca : Jika Harga Pertamax Naik Rp 9000 Lebih, Balik Lagi Deh Pakai Premium...

Ini adalah sebuah pilihan bagi masyarakat Indonesia agar motor tetap bisa mencium aspal jalanan dan kantong tidak cepat kering.

Harapannya sih Pertalite yang diklaim Pertamina sudah memenuhi standar untuk kendaraan bermotor di Indonesia, dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan bahan bakar berkualitas dengan harga yang tidak terlampau menguras isi kantong.

Komentar Anda ?

Inilah Cara Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

MotorkuID.Com – Bagi pemula mengendarai motor matic saat pertama kalinya akan terasa aneh yang biasanya saat akan mengendarai motor selalu mengganti-ganti perseneling gigi dan menggunakan rem kaki, saat mengendarai motor matic tinggal menarik gas dan melakukan pengereman menggunakan tangan.

Uniknya di motor matic untuk menghidupkan mesinnya harus menekan rem dahulu baru bisa dihidupkan baik menggunakan kick starter atau menggunakan starter. Apabila rem tidak ditekan mesin motor tidak mau hidup. Saya sendiri punya pengalaman saat pertama kali mengendarai motor matic saat mau memfoto copy dokumen di Purwodadi, singkat cerita saat akan kembali ke rumah saya mengalami kesulitan dalam menghidupkan motor matic yang pada saat itu motor yang saya gunakan motor Honda beat milik temen saya. Standar samping sudah sudah dinaikan motor matic tetap tidak bisa dihidupkan meski sudah berulang kali mengengkol dan menstarter motor, namun hasilnya nihil. Saat itu ada mbak-mbak yang mendekati saya mas remnya ditekan baru di starter. Saya ikuti apa yang mbaknya katakan dan ternyata mesin menyala. Saya hanya bisa tersenyum-senyum dan ucapin terima kasih pada mbaknya.

Baca : Benarkah Inreyen Motor Matic Harus Digeber ?

Cara Mengendarai Motor Matic  Bagi Pemula

Nah bagi Anda masih pemula dalam mengendarai motor matic harus memperhatikan betul-betul saat akan menghidupkan motor, jangan sampai seperti saya . hehe Apabila motor sudah hidup kini gilirannya untuk mengetahui bagaimana cara mengendarai motor matic yang baik dan benar. Tak bisa dipungkiri saat pertama kali mengendarai motor matic keinginan untuk selalu menarik pedal gas supaya ngebut sampai-sampai saat melakukan pengereman handle gas tidak dikurangi hingga membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lain (pengalaman pribadi). Oke berikut adalah cara mengendari motor matic bagi pemula sepaya lihai.

Baca juga Ternyata Posisi Tangan Seperti Ini Saat Mengendarai Motor Salah Besar, Apa Alasannya ?

  • Jangan lupa untuk menghidupkan motor matic dengan menekan handle rem terlebih dahulu, ada baiknya gunakan ke dua handle rem (rem depan dan belakang) supaya motor matic saat dihidupkan tidak melompat. 
  • Saat mulai melajukan motor matic usahakan jangan menarik handle gas secara paksa, sebab tarikan gas pertama berat karena putaran mesin masih belum mencapai pada putaran maksimal untuk menggerakkan sistem sentrifugal. Sistem motor matic dibuat seperti itu digunakan sebagai pengamanan pada saat matic di starter. 
  • Usahakan untuk mengendarai motor matic pada kondisi jalan yang datar tidak dipegunungan, walaupun motor matic dapat dipakai di daerah pegunungan, mengingat motor matic hanya dibekali sistem pengemanan yang hanya mengandalkan pengereman, disamping itu motor matic di desain yang rendah sehingga kurang mendukung pada kondisi jalanan yang tidak rata.
  • Saat melakukan pengereman disarankan untuk melakukan pengereman menggunakan 4 jari untuk memberikan kekuatan saat pengoperasian handle rem yang lebih baik. Pengereman usahakan dilakukan secara bersamaan atara rem belakang dan depan supaya lebih stabil saat motor matic berhenti.
  • Terpenting adalah selalu mengontrol kecepatan laju motor matic saat berada dijalan yang menikung dan menurun dengan mengurangi tarikan handle gas dan menekan rem belakang dan depan secara bersamaan.
Demikian artikel kali ini semoga dapat memberikan tambahan tentang cara mengendarai motor matic. Pesan saya adalah jangan menggunakan motor matic dijalanan memiliki kuntur wilayah penggunungan sebab sangat berbahaya seperti yang sudah saya bahas di artikel tentang Pakai Motor Matic Nyaman Dijalan Menanjak, Bikin Was-Was Dijalan Menurun

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net