Benarkah Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin ?

MotorkuID,Com – Pasti Anda pernah mendengar bahwa motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin ? begitu juga dengan saya. Baru-baru ini saya dari seseorang kalo motor injeksi itu jangan sampai kehabisan bensin, sebab jika sampai kehabisan bensin maka jika diisi bensin akan sulit hidup dan solusinya adalah harus dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan reset ulang memakai alat yang terhubung ke komputer. Apa benar demikian ?

Berdasarkan hasil baca-baca di forum hal tersebut tidaklah benar, sebab teknologi sekarang berbeda dengan yang dulu.  Produsen motor seperti Honda  dan Yamaha telah mengklaim bahwa teknologi injeksinya tidak ada istilah masuk angin jika kehabisan bensin. Saat kehabisan bensin fuel pump secara otomatis akan menurunkan tekanan udara saat bensin dalam tangki habis. Motor akan berjalan tersendat-sendat dibarengi suara brebet dari knalpot lalu mesin akan mati. Apabila memang benar-benar kehabisan bensin tinggal diisi lagi bahan bakarnya yang sesuai dengan spesifikasi motor dan motor dapat dihidupkan kembali.

Berbeda dengan teknologi injeksi dulu yang sudah ada tahun 90 an dimana banyak dipakai pada kendaraan yang memakai mesin diesel (sistem return pipe). Kelemahan pompa injeksi dulu adalah jika kehabisan bensin maka fuel pump akan dipaksa bekerja dan membawa udara ke dalam mesin akibatnya udara akan terjebak dan menghalangi aliran bensin dari fuel pump. Istilah seperti ini biasa disebut “masuk angin”. Maka solusinya harus dilakukan pembongkaran mesin untuk membuang udara yang terjebak dan di isi bensin agar bisa hidup kembali.

Namun demikian yang perlu diperhatikan bagi pemilik motor injeksi adalah jangan sampai keseringan kehabisan bensin sebab akan memperpendek usia sistem injeksinya seperti di bagian fuel pump dimana merupakan komponen utama untuk menyalurkan bensin ke mesin. Jadi jika memang tangki bahan bakar akan habis segeralah untuk mengisi bahan bakar. Baca juga Apakah Motor Injeksi Harus Memakai Pertamax ?

Popular Post