Libur Sekolah Saatnya Plesiran Pakai Motor

MotorkuID – Jalanan di Purworejo terutama yang menuju ke Jogja kemarin tampak sangat ramai sekali dengan kendaraan baik roda dua dan roda empat. Mungkin  karena tiba waktunya libur sekolah para orang tua ataupun para remaja mencoba menghilangkan segala kepenatan yang selama 5 bulan lamanya berkutat dengan buku-buku pelajaran.  Mereka berharap dengan pergi plesiran entah sama pacar, temen, atau orang tua menjadikan pikiran lebih tenang dan fress kembali dan siap menerima mata pelajaran di sekolah nantinya.

Yang perlu saya ingatkan adalah berhati-hatilah dalam berkendara terutama yang memakai kendaraan roda dua saat melewati jalan dari arah pertigaan don bosko Purworejo menuju arah Jogja harus meningkatkan kewaspadaan karena banyak jalan yang mulai berlobang akibat hujan yang beberapa hari ini membasahi Purworejo. Selain itu persiapkan jas hujan saat akan melakukan perjalanan. 

Yuk Kita Liburan di Objek Wisata Purworejo Aja

Pantauan saya kemarin banyak kalangan remaja  yang berkendara menuju arah Jogjakarta. Sepertinya mereka pada mau ke lokasi objek wisata di Yogjakarta. Seperti yang kita ketahui banyak sekali objek wisata yang ada di Jogja, mulai dari wisata pantai, wiata alam, wisata hewan, dsb.

Sempet kepikiran kok lebih memilih objek  wisata di Jogjakarta sih ? kan di Purworejo juga lumayan banyak objek wisatanya ada wisata alam yang menampilkan beragam keasrian yang tentunya bisa memanjakan pikiran, melepas segala kepenatan. Objek wisata tersebut diantaranya sebagai berikut.

Wisata Alam Goa Seplawan

Objek wisata ini terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Dapat ditempuh dari pusat kota menuju kearah timur jarak tempuh sekitar 20 km dengan jalan yang menanjak dan berkelok. Ketinggiannya sendiri sekitar 700 m dpl.


gambar patung arca dewa siwa dan dewi parwati

Jika Anda berkunjung ke Goa Seplawan Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat asri dan sejuk dan saat memasuki Goa Seplawan ada banyak ornament-ornament yang terbentuk dari bebatuan alam yang sangat indah sekali.  Konon di dalam goa dulunya dijadikan sebagai tempat peristirahatan oleh sepasang dewa dewi yaitu Dewa Syiwa dan Dewa Parwati dengan ditemukannya sebuah situs Candi Gondoarum yang sayangnya sudah tidak terbentuk lagi yang letaknya agak jauh dari Goa Seplawan.

Wisata Alam Curug Silangit

Wisata alam selanjutnya adalah objek wisata air terjun yang diberi nama  Curug Silangit.  Ketinggian air terjun ini sekitar 50 meter, dan memiliki tiga tingkatan. Tingkat pertama dan kedua tingginya 10 meter dan yang ketiga 30 meter.
Anda dapat mengunjungi wisata air terjun Curug Silangit dengan menempuh sekitar 45 Km arah barat laut dari pusat Kota Purworejo atau 16 Km dari jalan Purworejo Kaligesing. Tepatnya di desa desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing.

Wisata Alam Perhutani Purworejo

Wisata terakhir adalah objek wisata air terjun Anda juga bisa menikmati indahnya kawasan hutan perhutani dengan keanekaragaman tumbuhan seperti tumbuhan pinus. DIsana juga terdapat area kebun binatang mini yang mengoleksi beragam jenis hewan seperti trenggiling, buaya, burung, dan kera. Selanjutnya terdapat satu area yang dapat dijadikan wisata pertanian atau wisata edukasi persemaian beragaman jenis bibit. Di sana banyak dijadikan acara berkemah dan melakukan outbound dan juga kegiatan petualangan atau adventure.

Gambar By wikimapia.org

Kawasan wisata alam ini terletak di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang. Anda dapat mengunjungi kawasan ini dengan menaiki kendaraan roda empat atau roda dua. Dari Purworejo menuju arah magelang.

Dari ketiga objek wisata alam diatas saya baru mengunjungi Goa Seplawan sekitar awal tahun 2013 yang lalu. Untuk objek wisata lainnya pasti akan saya kunjungi soalnya saya ingin sekali melihat potensi wisata yang ada di Purworejo.


Apakah Anda orang Purworejo ? 

Sudah Pernah mengunjungi Objek wisata di kota Kelahiran sendiri ? 

Popular Post