Apakah Motor Injeksi Harus Memakai Pertamax ?

MotorkuID – Bagi pemilik motor injeksi terkadang menjadi dilema, apakah motornya harus menggunakan pertamax atau premium. Jika menggunakan pertamax harganya lebih mahal dibanding premium. Namun banyak yang bilang jika motor injeksi seperti motor Honda Spacy Helm-In haruslah menggunakan pertamax. Apakah benar demikian ?


Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang motor injeksi ini apa benar harus menggunakan pertamax. Saya banyak membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan motor injeksi sepakat bahwa penggunaan pertamax adalah sebuah pilihan. Sebab rata-rata motor injeksi yang diproduksi oleh perusahaan seperti Honda, Yamaha, atau juga Suzuki masih dapat menggunakan premium. Hanya beberapa saja yang memang harus menggunakan Pertamax seperti motor CBR125 Terbaru.

Syarat Motor Injeksi Harus Memakai Pertamax ?

Seperti dilansir dari situs welovehonda.com bahwa untuk mengetahui apakah motor injeksi harus dan wajib menggunakan pertamax adalah dilihat dari kompresi mesin motornya. Jika kompresi motor memiliki rasio 10 : 1 maka wajib menggunakan pertamax. Bisa menggunakan premium namun akan sangat susah dihidupkan sebab kadar oktannya yang kurang tinggi.

Sedangkan motor-motor bersistem injeksi saat ini rata-rata rasio kompresi mesinnya masih dibawah 10 : 1 sehingga masih aman jika menggunakan premium. Namun tentu akan ada perbedaanya performa motor jika menggunakan pertamax dengan premium. Hal ini telah saya posting di artikel saya yang berjudul Pakai Pertamax Motor Injeksi Jadi Lebih Irit

Namun demikian motor injeksi akan lebih terasa performanya jika menggunakan pertamax. Dan masalah iritnya BBM memakai pertamax jelas lebih terasa. Hal ini karena pertamax memiliki sifat mudah terbakar secara sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang percuma. Selain itu pertamax memiliki kandungan zat permbersih sehingga jika ada kotoran akan mudah terbuang. Berbeda dengan premium yang tidak memiliki kandungan zat pembersih sehingga jika ada kotoran maka tidak mudah terbuang yang disebut dengan penumpukan karbon.

Jadi jika motor injeksi memakai premium terus maka lebih beresiko terjadinya penyumbatan pada sistem injeksinya (injector) karena penumpukan karbon. Apalagi jika menggunakan motor secara pelan-pelan maka akan lebih gampang terjadi penumpukan karbon. Oleh karena itu motor injeksi yang memakai premium diusahakan harus menggunakan motor kencang-kencang. Ya disesuaikan saja adakalanya pelan adakalanya kencang.

Jika motor yang Anda pakai menggunakan sistem injeksi dan sering berkendara pelan-pelan lebih baik menggunakan pertamax, selain irit juga motor lebih oke performanya. buat kencang juga oke sebab akan terasa enteng tarikannya.

Popular Post