Ini Loh Cara Menghidupkan Motor Injeksi Yang Benar

MotorkuID.Com – Apakah Anda juga memiliki motor injeksi ? Jika Iya, Anda harus memperhatikan hal berikut ini yang akan dibahas kali ini yaitu mengenai cara menghidupkan motor injeksi yang benar. Tema artikel kali ini cukup bagus sekali karena selama beberapa tahun belakangan kita dijejali dengan motor konvensional yang menggunakan sistem karburator. Sedangkan tahun ini berjibun motor baru yang menggunakan sistem injeksi.

Baca juga Benarkah Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin ?

Dalam hal menghidupkan mesin motor antara motor karburator dan injeksi sangatlah berbeda. Pada motor berkarburator sekali kunci kontak di putar ke ON langsung bisa distarter atau menggunakan kickstart. Tetapi pada motor injeksi harus menunggu lampu indicator mati dahulu baru mesin bisa dinyalakan.

Tata Cara Menghidupkan Motor Injeksi

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Yang Benar
Tanda Lampu Indikator (MIL) Pada Speedometer

Seperti kita ketahui bahwa ciri khas dari motor injeksi adalah adalahnya lampu indicator atau malfunction Indicator Lamp (MIL) pada speedometer. Lampu ini sebenarnya berfungsi sebagai pemberitahu kondisi mesin, khususnya sensor-sensor pada sepeda motor. Jadi dalam menghidupkan motor injeksi pastikan bahwa lampu MIL benar-benar sudah mati. Jika ternyata terdapat kedipan-kedipan antara 2  atau lebih menandakan adanya kerusakan pada motor.  Bagaimana arti dari kedipan-kedipan pada lampu MIL motor injeksi akan dibahas dipostingan berbeda.

Kembali kepermasalahan, masih banyak sekali para pengguna motor khususnya pengguna motor karburator yang mengetahui tata cara yang benar menghidup mesin motor injeksi. Contohnya temen saya yang meminjam motor Honda spacy saya dimana dia menghidupkan motor tanpa menunggu lampu indicatornya mati dulu.

Baca juga Kok Gak Beli Honda Scoopy Aja Mas

Sebenarnya di buku panduan pedoman pemilik motor telah diberitahu tata cara menghidupkan atau menyalakan motor yaitu harus menunggu lampu indicator mati. Kenapa harus demikian ? 

Saya sempat browsing-browsing dan menemukan salah satu artikel yang cukup bagus sekali yang membahas masalah ini. Jadi begini kenapa motor injeksi waktu mau dinyalakan harus menunggu lampu indicator sampai mati. Hal ini supaya memberikan kesempatan kepada fuel pump untuk mendapatkan tekanan maksimal yang pada akhirnya akan membuat pembakaran semakin sempurna saat BBM disemprotkan pertama kali (motor pertama kali dihidupkan).

Apa pengaruhnya  jika menghidupkan motor injeksi tidak menunggu lampu indicator  mati ?

Mengutip dari blog Cicakkreatip.com maka berimbas pada konsumsi BBM yang sedikit lebih boros pada saat awal penyalaan, seterusnya tekanan fuel pump akan menyesuaikan dengan kebutuhan BBM dari mesin itu sendiri.

Meski tidak ada pengaruh yang berbahaya, diharapkan kepada para pengguna motor injeksi agar tidak terburu-buru  dalam menyalakan motor injeksi. Tunggulah lampu indicator yang ada di speedometer mati dulu baru di starter. Jika tidak maka akan sedikit sulit untuk menyalakan motor karena kondisi suhu pada mesin dan lingkungan sudah berbeda. Hal ini disebabkan sistem injeksi menyimpan data saat motor pertama kali dimatikan. Saat dihidupkan kembali tanpa menunggu indicator mati maka data lama yang digunakan.  

Nah Sudah tahukan pengaruhnya, jadi mulai sekarang kalo mau menghidupkan motor injeksi jangan keburu-buru langsung menyalakan mesin jika lampu indicatornya belum mati. Gak lama kok nunggunya cuma 3 detik saja. Jangan lupa baca juga Apakah Pakai Premium dan Pertamax Bergantian Baik Untuk Motor ?

Popular Post