Gila Pakai Ban Tubeless Bikin Repot Saja Kalau Bocor, Masak Tiap Hari Harus Pompa Ban !!!!

MotorkuID.Com – Sudah lebih dari 1,5 tahun saya menggunakan ban tubeless pada motor Honda Spacy, banyak suka duku yang saya alami selama menggunakannya dalam mengarungi jalanan di Purworejo. Perlu temen-temen ketahui bahwa selama 1,5 tahun itu saya sudah 2 kali ganti ban tubeless lantaran ban tubeles pertama yang saya gunakan sudah sangat tipis sekali dan sudah beberapa kali dilakukan penambalan, sampai akhirnya disarankan oleh tukang tambal agar cepat diganti karena sudah sangat membahayakan kalau masih dipertahankan.


Akhirnya saya pun mengikuti saran dari tukang tambal ban untuk segera menggantinya dengan yang baru. Kalau awal pemakaian dulu saya hanya menggunakan ban tubeless pada ban belakang saja, kali ini ban depan dan belakang sudah menggunakan ban tubeless semua.

Baca juga : Wow Pakai Ban Tubeless Motor Jadi Gesit di Jalanan

Cerita pengalaman saya waktu pertama kali menggunakan ban tubeless, saya termasuk dibikin repot dengan urusan memompa ban tubeless, lantaran ban tubelessnya terkena tusukan paku yang mengakibatkan angin keluar secara perlahan-lahan. Waktu itu saya tidak mencopot paku tersebut dan membiarkannya selama kurang lebih satu minggu, alhasil saya pun selama satu bulan itu harus memompa ban tubeless setiap harinya. Hampir tiap hari bisa sampai 3 kali memompa. Yah tentu saja capek.

Akhirnya ban tubeless saya bawa ke tukang tambal ban, dan dicabutlah paku yang lumayan besar sekali. Ditambalah ban tersebut menggunakan peralatan tambal ban. Biaya untuk tambal ban waktu itu per lubang 10 ribu,

Ternyata hasil tambalannya pun tidak bertahan lama, sekitar 3 minggu ban tubeless mengalami problem lagi. Kali ini tambalan bekas tertusuk paku sebelumnya yang sudah ditambal mengalami kebocoran (lepas) akhirnya angin ban tubeless langsung keluar, ketika kejadian itu posisi motor sedang saya gunakan dijalan dengan kecepatan lumayan, beruntung saat terjadi kebocaran itu saya tidak terjatuh. Akhirnya dengan terpaksa saya mendorong motor Honda Spacy cukup jauh menuju tukang tambal ban.

Baca juga : Wow Tambal Ban Motor Tubeless, Ternyata Sangat Gampang Sekali. Gak Perlu Lagi Ke Tukang Tambal Ban

Pada tambalan ke empat ini, tukang tambal yang berbeda menyarankan untuk segera mengganti ban tubelessnya, lantaran sudah sangat tipis dan nanti bila dipertahankan bisa membahayakan si pengendara. Wah pikir saya padahal belum ada satu tahun kok sudah tipis gini, ya waktu itu dipikir-pikir motor memang motor sering banget dibuat untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan dekat.


Akhirnya saya mengikuti saran dari Bapak tukang tambal dan menggantinya dengan yang baru. Pengalaman menggunakan ban baru kali ini cukup membuat saya mengeryitkan kepala, setelah beberapa bulan menggunakannya. Sebab ban tubeless baru yang telah terpasang pada ban depan dan belakang diberi cairan yang fungsinya bisa menambal sendiri apabila ban tubeless mengalami kebocoran. Nyatanya hal tersebut tak berfungsi ban tubeless bagian belakang yang terkena tusukan paku tetap mengalami kebocoran meski sudah diberi cairan anti bocor.

Setidaknya ban tubeless belakang yang sudah saya gunakan pada bagian belakang sudah dilakukan penambalan sebanyak 2 kali dan khasusnya sama, ban terkena tusukan paku. Namun sejauh ini sudah tidak ada kebocaran lagi. Ya semoga tidak ada lagi..

Ini pengalaman ku, bagaimana pengalamanmu kawan… Jangan lupa baca juga : Inilah Resiko Jika Ban Tubeless Terkena Paku Tidak Segera di Tambal

Popular Post