Cara Mengatasi Rem Tromol Berbunyi pada Motor Di Saat Musim Penghujan

Motorkuid.Com – Memang cukup menggangu apabila motor yang sedang kita kendarai saat melakukan pengereman terdengar bunyi berdecit begitu keras. Kasus bunyi rem berdecit ini tak hanya menimpa rem pada motor dengan sistem tromol, tapi juga sering terjadi pada rem cakram. Diartikel kali ini akan dibahas cara mengatasi rem tromo berbunyi pada motor, untuk rem dengan sistem cakram akan dibahas di artikel berbeda. So, mari simak ulasan berikut ini.



Saat rem pada motor baik motor matic atau motor non matic yang menggunakan sistem pengereman tromol  diinjak seketika sistem pengereman akan bekerja yaitu terjadinya gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum). Biasanya rem tromol berbunyi brisik diakibatkan oleh beberapa hal , salah satunya adalah karena rem pada bagian tromol kemasuk kotoran yang berasal dari luar. Selain kotoran juga bisa disebabkan karena tromol kemasukan air. Biasanya musim penghujan cenderung motor akan sering bunyi berdecit, karena motor digunakan untuk menerjang genangan air sehingga menyebabkan air hujan masuk ke dalam tromol.

Baca juga : Ketahui Resiko Sering Tarik Gas-Rem Bersamaan Pada Motor Matic ?

Nah, bunyi berdecit itu harus diatasi, agar tidak mengganggu. Lantas bagaimana caranya ?

Sebenarnya, untuk mengatasi bunyi berdecit tersebut agar tidak repot, bisa saja dibawa ke bengkel terdekat. Namun jika itu dilakukan saat penghujan, tentunya tidak mau jika harus bolak balik ke bengkel.

Anda bisa melakukan sendiri agar bunyi berdecit  dengan cara sederhana  yaitu hanya dengan mencuci motor setelah motor digunakan diwaktu hujan, apalagi jika motor digunakan dalam jarak jauh, maka sangat wajib untuk segera mencuci motor.

Jangan biarkan motor Anda tidak dicuci segera, apalagi hingga berhari-hari, maka bukan tidak mungkin kotoran tersebut sulit untuk dihilangkan dan akibatnya lambat laun akan rusak parah dan untuk mengatasinya harus mengganti komponen rem yang baru.

Jadi agar komponen rem tetap awet, penting bagi Anda untuk melakukan cuci motor secara rutin terutama pada saat musim penghujan.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi rem tromol berbunyi pada motor. Semoga dapat bermanfaat. Baca artikel lainnya, Anda dapat membaca artikel mengenai Inilah Cara Mudah Mengetahui Tingkat Keuasan Kampas Rem Tipe Tromol

Popular Post