Kapan Waktu Ganti Oli Motor yang Ideal ?

Kapan Waktu Ganti Oli Motor yang Ideal ?


Situs-Modem.Com – Dipostingan kali ini saya akan membahas mengenai oli yakni tepatnya kapan waktu yang tepat untuk kita mengganti oli motor yang ideal. Seperti kita ketahui bersama bahwa merawat kendaraan bermotor bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi dengan urusan harus mengganti oli mesin secara berkala.

Tentu saja kita sebagai pemilik kendaraan tidak ingin kendaraan motor yang kita miliki rusak begitu saja, lantaran sering mengabaikan perawatan kecil seperti halnya mengganti oli mesin secara berkala. Padahal dengan melakukan pergantian oli mesin secara berkala, maka kita akan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

Lantas Kapan Waktu yang Ideal Untuk Mengganti Oli Mesin Motor ? 

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya mengenai hal ini. Umumnya pemilik motor dalam mengganti oli mesin secara berkala berpatokan dengan kilometer yang ada dispidometer motor yakni pergantian apabila sudah menyentuh angka 2.000 kilometer atau kurang lebih satu bulan sekali. Bahkan, Ada juga yang mengganti oli mesin motor setiap beberapa bulan sekali.

Disadur dari beberapa sumber bahwa kapan mulai melakuan pergantian oli mesin motor secara berkala yakni dengan memperhatikan waktu pakai atau jarak tempuh kendaraan. Perlu diketahui apabila anda tinggal di daerah yang sangat padat kendaraan sehingga sering macet, maka patokan jarak tempuh sebagai patokan untuk mengganti oli mesin sangat tidaklah tepat, karena meskipun kilometer yang ditunjukkan pada speedometer tidak berjalan, namun mesin akan terus bekerja.

Baca juga : Servis Motor Injeksi Honda Spacy Km 8000

Apabila suatu tempat dapat ditempuh dengan hanya memakan waktu 20-30 menit saja dalam kondisi tidak macet. Namun jika terjadi kemacetan bisa menghabiskan waktu hingga 1-2 jam, tentu saja meski jarak tempuh pada speedometer tidak berjalan mesin kendaraan akan tetap bekerja ekstra hingga tiga kali lipat dari biasanya.

Nah, kapan waktu ideal ganti oli motor itu hanya bisa diketahui oleh si pemilik motor yang lebih tahu. Sebagai patokan jarak ideal ganti oli motor dengan melihat kondisi jalan  yang sering Anda lewati tidak sering macet sebaiknya untuk mengganti oli secara berkala dilakukan setiap 2.000 km, namun apabila kondisi jalan yang dilalui sering macet dapat mengganti oli setiap km 1. 000.

Baca juga : Service Motor Honda Spacy : Penyebab Ngadat Akibat Kejeglong

Jadi, setelah membaca artikel mengenai  waktu ideal ganti oli motor ini, saya harap jangan lagi menyepelekan dengan urusan penggantian oli motor. Apabila malas menggantinya, ya siap-siap saja harus merogoh kecek lebih dalam untuk melakukan perbaikan pada mesinnya.

Suka artikel ini ?  silahkan share

Share this

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan website dan juga sebagai media sosial berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya.

Previous
Next Post »

No comments