Saat Dikendarai Motor Matic Mu Terdengar Berisik ? Perhatikan Oli Gardannya Mungkin Sudah Waktunya Diganti

Saat Dikendarai Motor Matic Mu Terdengar Berisik ? Perhatikan Oli Gardannya Mungkin Sudah Waktunya Diganti


MotorkuID.Com – Kini sudah sangat menjamur kendaraan motor roda dua jenis injeksi atau biasa dikenal dengan motor matic. Bagi yang memiliki motor matic pastinya pernah mengalami dimana motornya bersuara berisik saat dikendarai.

Suara berisik tersebut bukan berasal dari body motor yang kendar pada bagian bautnya, melainkan karena ada salah satu komponen yang dari gear motor matic sudah harus diganti oli yakni oli transmisi atau biasa disebut oli gardan.

Perlu anda ketahui bahwa motor matic selain harus rutin mengganti oli mesin juga harus rutin mengganti oli gardan. Oli ini berfungsi memberikan perlindungan dengan cara melumasi roda gigi agar tidak terjadi keausan. Jika oli gardan ini tidak diganti secara berkala, maka risikinya bisa menyebabkan suara berisik di dalam bak transmisi motor matic dan akhirnya jika dibiarkan berlarut akan menyebabkan keausan yang semakin tinggi hingga menyebabkan kebocoran.


Dilansir dari beberapa sumber bahwa oli gardan ini mampu bertahan hingga menempuh jarak 8.000 km atau pemakain motor matic mencapai umur  8 bulan. Itu normalnya jika penggunaan motor matic secara normal.

Kebanyakan kasus-kasus yang menimpa para pemilik motor matic yang mengeluhkan suara berisik pada motor maticnya, padahal belum lama mengganti oli gardan. Kasus tersebut terjadi karena oli gardan telah tercampur dengan air yang menyebabkan oli gardan berubah warna putih seperti susu, sehingga menyebabkan daya pelumasan menjadi berkurang.

Biasanya ini terjadi manakala jika terjadi hujan lebat dan motor matic digunakan untuk menerjang jalanan yang tergenang air, sehingga air masuk ke box transmisi jadi semakin besar. Atau bisa juga di saat mengganti ban belakang yang harus membuka gir, memungkinkan air dapat masuk ke oli gardan.

Nah bagi pemilik kendaraan motor matic sangat ditekankan untuk selalu melakukan perawatan motor matic dengan baik yaitu dengan cara rutin mengganti oli gardan apabila sudah waktunya. Biaya oli gardan pun juga tak semahal oli mesin, cukup menyiapkan dana kurang dari Rp 20.000 sudah bisa mengganti oli gardan yang dapat dilakuan sendiri atau pas kebetulan lagi servis motor matic di bengkel langganan anda.

Jadi, sudah tahukan kenapa motor matic Anda berisik saat dikendarai. Setelah membaca artikel kali ini saya harap Anda benar-benar memperhatikannya dan melakukan perawatan motor matic secara rutin, supaya motor anda tetap nyaman dikendarai.

Suka artikel ini ? silahkan share…

Share this

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan website dan juga sebagai media sosial berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya.

Previous
Next Post »

No comments