Coba Cek Tanda-Tanda Berikut Ini pada Motor Anda, Apakah V Belt Motor Matic Sudah Waktunya Diganti ?

Coba Cek Tanda-Tanda Berikut Ini pada Motor Anda, Apakah V Belt Motor Matic Sudah Waktunya Diganti ?

Coba Cek Tanda-Tanda Berikut Ini pada Motor Anda, Apakah  V Belt Motor Matic Sudah Waktunya Diganti ?
contoh v belt motor matic mulai retak-retak - via otorider.net
MotorkuID.Com -  Kemudahan yang ditawarkan oleh sepada motor matic membuat banyak orang lebih memilih menggunakan motor matic dari pada motor biasa. Kemudahan tersebut ialah dalam mengendarainya tak perlu harus melewati oper gigi, pengendara hanya tinggal tancap gas untuk menjalankan motor matic dan melakukan pengeraman untuk menghentikannya. Tak ayal kini para produsen kendaraan roda dua terus menawarkan varian motor matic terbaru dengan harga yang terjangkau hingga mahal.

Dibalik kemudahan yang ditawarkan sebuah motor matic, yang menjadi fokus utama bagi para pemilik motor matic adalah perlunya mengetahui beberapa hal agar motor matic dapat dikendarai dengan nyaman dan aman. Salah satu hal tersebut adalah dengan mengetahui seputar v-belt.  V-belt merupakan komponen terpenting dari sebuah motor matic karena v-belt merupakan penghubung antara tenaga putar yang didapat dari mesin menuju ke As roda belakang yang biasa kita kenal dengan roda.

Baca juga : Benarkah Inreyen Motor Matic Harus di Geber ?

Banyak pengendara roda dua jenis motor matic ini tidak memperhatikan komponen ini, hingga sampai-sampai v-belt mengalami putus di tengah jalan, sehingga sangat membahayakan diri pengendara sendiri. Untuk itu sebagai pengetahui, diperlukan tanda apa saja yang bisa diketahui kapan sebaiknya komponen v-belt ini sebaiknya diganti ?

Secara umum umur pemakai v-belt dapat dilihat dibuku panduan yang disertakan pada saat pertama kali membeli motor matic. Cuma pengendara biasanya mengabaikan hal ini. Jadi umur penggunaan v-belt sudah harus diganti jika sudah menempuh jarak hingga 25.000.

Baca juga : Yuk Ketahui Apakah Motor Injeksi Mudah Mogok dikala Hujan

Apabila anda sering menservice motor matic di bengkel resmi misalnya Honda ahass, akan dilakukan pemeriksaan v-belt setiap 3000 km/ tiap tiga bulan sekali. Apabila sekiranya hampir mencapai jarak tempuh 25.000 km dan sudah mulai ditemukan tanda-tanda bahwa v-belt harus diganti, maka akan segera disarankan untuk segera menggantinya.

Apabila tidak segera diganti, maka risiko yang mungkin bisa terjadi ketika saat berkendara yaitu putus, maka akan semakin memberikan risiko besar terhadap tingkat keausannya apabila sudah menempuh jarak 25.000 km. Jarak tersebut merupakan batas ambang maksimal tingkat keausan yang menyebabkan material v-belt akan semakin kecil sehingga sangat riskan terputus jika masih tetap dipakai.

Namun demikian, pemiliki sepeda motor matic tidak harus berpatokan terhadap umur v-belt, perhatikan pula kondisi medan dan jalan serta penggunaan motor juga dapat mempengarhui usia v-belt itu sendiri, sehingga usia v-belt bisa kurang dari 25.000 km sudah harus diganti bahkan berumur panjang.

Seperti dilansir dari okezone.com bahwa masa pakai v-belt tidak hanya berdasarkan kilometer yang ditempuh tapi juga beban kendaraan. “ tergantung pemakaian dan beban yang dibawa. Idealnya enam bulan sekali harus dicek atau tiap 1.000 kilometer. Ciri-ciri yang bisa langsung dirasakan si pengendara bila v-belt sudah tidak bagus lagi adalah terdengar bunyi gesekan yang keras.  Akan lebih terasa gesekannya apabila dilakukan saat pertama kali motor matik mulai dijalankan. Getaran akan terasa saat motor digunakan berakselerasi dijalanan, misalnya saat macet atau ada rintangan sepertii jalan rusak atau melewati polisi tidur.

Baca juga : Apakah Motor Injeksi Harus Memakai Pertamax ?

Nah itu dia ulasan mengenai v-belt motor matic, tanda-tanda dan kapan v-belt harus diganti anda sudah mengetahuinya. Apabila tanda-tanda dirasakan pada motor matic Anda segeralah untuk menggantinya agar dalam mengendarainya tetap nyaman dan aman.

Suka artikel ini ? silahkan like, share artikel ini ya…

Share this

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan website dan juga sebagai media sosial berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya.

Previous
Next Post »

No comments