Inilah Cara Simpel Merawat V Belt Motor Matic Agar Awet

MotorkuID.Com - Sudah menjadi keharusan bagi setiap pemilik kendaraan  bermotor untuk melakukan perawatan, tak terkecuali pada motor matic. Perawatan motor matic tidak hanya dengan mengganti oli mesin maupun mengganti oli gardan semata, tapi juga perlu melakukan perawatan terhadap komponen lain salah satunya komponen v –belt yang  merupakan komponen paling penting agar motor matik dapat berjalan (memutarkan roda).

Inilah Cara Simpel Merawat V Belt Motor Matic Agar Awet

Seperti kita ketahui bersama kapan waktu yang tepat mengganti v belt motor matik adalah setelah motor sudah menempuh jarak hingga 25.000 km. Namun patokan kilometer tidak semata bisa dijadikan patokan, kita perlu mempertimbangkan faktor lain juga misalnya faktor pemakaian yang brutal sehingga semakin mempercepat v belt harus sudah diganti.

Baca juga : Pakai Motor Matic Nyaman Dijalan Menanjak, Bikin Was-Was Dijalan Menurun

Diluar faktor pemakaian motor yang brutal kita abaikan, karena memang berkendara dengan cara yang brutal menggunakan motor apapun itu pasti akan mempercepat kerusakan komponen v belt. Melakukan perawatan pada komponen v belt menjadi penting, agar memperpanjang masa pemakaian v belt. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat v belt dengan menyemprotkannya cairan Belt Dressing.

Cairan Belt Dressing yang disemprotkan pada v-belt supaya membuatnya tidak mudah getas dan menghindari terjadinya slip. V belt yang slip akan mengakibatkan terjadinya perputaran engine dan roda tidak selaras sehingga akan menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros. Nah dengan hanya melakukan perawatan simple dengan menyemprotkan cairan Belt Dressing pada v belt tidak hanya akan memperpanjangan masa pakai v belt tapi juga memungkin konsumsi BBM jadi irit.

Cara Menyemprot Cairan Belt Dressing pada V-Belt Motor Matik 




Seperti kita ketahui bersama bahwa komponen V belt motor matic terletak di dalam box CVT atau cover CVT, maka perlu membukanya agar dapat menyemprotkan cairan Belt Dressing pada V Belt. Apabila sudah terbuka semprotkan cairan Belt Dressing pada bagian roda gigi v belt seperti di tunjukkan pada gambar di bawah ini  :




Nah itu dia bagaimana cara merawat v belt motor matic dengan mudah dan simple, semoga dapat bermanfaat. Anda menyukai artikel ini, silahkan like dan share ya..

Popular Post