Apa Sih Penyebab Motor Matic Berisik ?

MotorkuID.Com – Bagi pengguna motor matic pastinya pernah merasakan motor yang ditunggangi terasa tidak nyaman didengar pada suara bagian belakang saat dibawa berkendara. Sekitar bulan April Mei saya juga mengalami hal tersebut bahwa motor terasa ada yang tidak beres pada bagian bannya, Motor jika dibawa berkendara terasa ada yang berbunyi keras pada bagian roda belakang.

Bunyinya kurang lebih seperti ini wusss-wusss-wussss mengikuti irama dari tarikan gas. Bagi saya suara tersebut buat tidak nyaman saat berkendara, soalnya suaranya hampir lebih keras dibanding suara mesinnya.

Usut punya usut suara tersebut terjadi karena oli transmisi pada bagian garden yang menghubungkan roda belakang dan pemutar roda, olinya mengalami penurunan kualitas artinya oli sudah tidak bisa melumasi bagian gardan secara sempurna. Alhasil suara berisik karena gesekan disetiap komponen akan semakin besar sehingga mesin bersuara berisik.

Baca juga Servis Motor Injeksi Honda Spacy Km 8.000

Oli yang digunakan pada motor matic ada 2 yaitu oli mesin yang digunakan untuk melumasi mesin dan oli transmisi yang digunakan untuk melumasi bagian gardan. Nah, oli transmisi ini yang menyebabkan suara berisik tersebut. Oli transmisi ini biasanya dibilang oli gardan.

Apa Sih Penyebab Motor Matic Berisik ?
Gambar By welovehonda.com

Saat saya menanyakan masalah ini ke mekanik, oli gardan harus diganti berapa kali ? kata si mekanik maksimalnya harus diganti setiap 8.000 Km. Meskipun masa pemakaiannya lama, masih banyak pemilik sepeda motor matic kurang memperhatikan oli gardan ini. Alhasil motor maticnya didapati sudah harus diganti komponen-komponen yang seharusnya umurnya bisa lebih lama.

So jangan pernah abaikan masalah oli gardan ini, teraturlah dalam mengganti oli gardan setiap 8.000 Km agar komponen-komponen yang ada di dalam transmisi lebih panjang umur. Jangan lupa baca juga Tangki Motor Kamu Bocor ? Pakai Ini Aja Ngatasinnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *