Apakah Pakai Premium dan Pertamax Bergantian Baik Untuk Motor ?

MotorkuID.Com – Semenjak Pemerintah memastikan bahwa subsidi BBM jenis premium dan solar dicabut. Khususnya premium kini selisih harganya dengan pertamax berkisar Rp 1000 – 2000. Akibat hal ini banyak pengendara roda dua mulai mempertimbangkan untuk beralih menggunakan Pertamax. Alasannya adalah karena Pertamax memiliki kualitas bagus untuk motor. Apalagi untuk motor zaman sekarang.
Disela-sela saya mengobrol dengan seorang temen yang kini juga beralih menggunakan Pertamax sejak BBM dinaikkan sekitar bulan November 2014. Saya pun juga menuturkan juga memakai Pertamax , tapi masih diselingin memakai Premium.  Jadi begini saya mengisi premium sebanyak 2 kali full tank dan sekali di isi pertamax. Nah fungsinya Pertamax ini  selain sebagai bahan bakar yakni untuk membersihkan ruang bakar. Saya ikuti anjuran ini setelah membaca salah satu postingan di portal detikcom
Dianjurkan oleh teman saya itu lebih baik kalo ingin pakai premium, premium saja terus dan kalo pakai pertamax, ya pertamax terus saja. Jangan gonta ganti bahan bakar . Justru menggunakan bahan bakar secara bergantian akan mempercepat kerusakan pada mesin. Meskipun bahan bakar seperti Pertamax yang memiliki kandungan yang dapat membersihkan ruang bakar, tapi jika dilakukan secara bergantian dengan premium maka umur mesin bisa saja hanya bertahan 2 atau 3 tahun sudah ngebul.

Lantas bagaimana dengan yang suka mencampur premium dan pertamax. Apalagi dulu pas harga Pertamax mahal banget, banyak yang mencampur premium dan pertamax hanya ingin mengejar oktannya saja.
Apakah Ada Efek dan Bahaya Jika Sering Mencampur Premium Dan Pertamax  Pada Mesin ?
Setelah mencari info dibeberapa sumber yang mengulas masalah ini sepakat bahwa untuk mencampur atau biasa disebut mengoplos Premium dan Pertamax tidaklah merusak mesin. Hanya saja keunggulan dari Pertamax yang memiliki kandungan pembersih tidak akan didapat. Dan hasil pembakaran diruang bakar pun tidak akan maksimal. Meski mencampur premium dan pertamax akan menambah nilai oktannya. 
Yang perlu dikhawatirkan oleh para pengguna kendaraan roda dua jika ingin mengoplos premium dan pertamax adalah terjadinya penumpukan karbon pada mesin. Lebih lanjut penumpukan karbon ini bisa merembet ke busi dan bisa menyebabkan motor sulit dihidupkan. Sebenarnya busi itu bisa membersihkan diri kalau dijalankan di atas 5.000 rpm dengan kata lain melaju dengan cepat. 
Jadi kesimpulannya adalah pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor. Jika diharuskan menggunakan premium ya premium saja. Jika diharuskan menggunakan pertamax ya pertamax saja. Namun untuk kendaraan motor yang sudah berumur jika mau memakai Pertamax ya silahkan saja. 
Bagaiamana tanggapan Anda dengan artikel kali ini ? silahkan layangkan komentar Anda di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini. Jangan lupa setelah berkomentar baca juga Ketahui Apakah Motor Kamu Harus Pakai BBM Premium Atau Pertamax ?

One thought on “Apakah Pakai Premium dan Pertamax Bergantian Baik Untuk Motor ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *