Awas Jangan Keseringan Isi Bensin Kalo Sudah Mencapai Simbol E (Empty) ?

MotorkuID.Com – Apakah Anda tarmasuk yang sering menggunakan motor sampai kehabisan bensin ? atau jika indikator bensin sudah pada posisi symbol E (Empty) baru di isi bensin ? Jika ya, mulai sekarang setelah membaca artikel ini, harus benar-benar dipertimbangkan lagi kebiasaan tersebut, karena bisa menyebabkan resiko yang cukup besar dan akan berdampak pada performa motor Anda bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang cukup serius.  apa resiko tersebut ? simak ulasannya dibawah ini.

Baca juga  Benarkah Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin ?

Pada motor yang menggunakan sistem injeksi, pada dasarnya sering kehabisan bensin tidak akan berpengaruh berarti terhadap system injeksi, karena teknologi injeksi saat ini berbeda dengan teknologi injeksi dulu. Apalagi pada motor konvensional yang masih menggunakan karburator tidak ada pengaruh sama sekali pada mesinnya. Jadi tidak perlu Anda khawatirkan, tapi yang mesti Anda khawatirkan adalah resiko lain yang ditimbulkan jika Anda sering kehabisan bensin baik pada motor injeksi maupun motor karburator. Atau Anda sering mengisi bahan bakar manakala indikator telah menunjukkan symbol E (empty).

Usut punya usut kebiasaan ini akan beresiko terjadi karatan pada bagian dalam tangki bahan bakar. Jika tangki berkarat akan menyebabkan bahan bakar dalam tangki kotor, otomatis akan berpengaruh terhadap system pembakaran pada mesin terutama pada motor injeksi, kemungkinan tersumbatnya system injeksinya sangat mungkin terjadi apabila dilakukan secara terus menerus dan lama kelamaan system injeksi akan mengalami kerusakan. 

Baca juga Apakah Pakai Premium dan Pertamax Bergantian Baik Untuk Motor ?

Kenapa Tangki Bahan Bakar pada Motor Bisa Berkarat ? 

Seperti dilansir dari website merdeka.com bahwa karat pada tangki bahan bakar terjadi karena embun yang dihasilkan oleh tekanan gas bahan bakar. Apabila motor dalam posisi bahan bakar Cuma setengah dari kapasitas, saat motor diparkir di bawah terik matahari akan sangat cepat membuat proses karat pada tangki kendaraan. Jadi semakin banyaknya ruang kososng pada tangki, maka akan besar pula jumlah yang ada karena bahan bakar. Dengan begitu potensi karat pun akan lebih besar lagi.

Untuk itu saya menyarankan agar Anda jangan keseringan membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan isi setangah atau keseringan kehabisan bensin ditengah jalan. Isilah tangki penuh minimal setiap satu minggu sekali agar mengurangi atau meminimalisir terjadinya karatan. Namun jika tidak memungkinkan mengisi tangki bahan bakar sampai penuh, pada saat memarkirkan motor usahakan mencari tempat parkir yang lebih teduh, jangan memarkir motor dibawah terik matahari. Jangan Lupa Baca Juga Hufff Lewat Kuburan Gak Bunyiin Klakson, Jadinya Gini Deh ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *