Ayo Biasakan Memakai Masker Saat Berkendara

MotorkuID – Fenomena memakai masker saat berkendara roda dua menjadi sebuah trend banyak sekali yang mengabadikan diri dengan temen-temennya memakai masker. Memakai masker saat berkendara tidak hanya menjaga diri dari polusi juga membuat seseorang tampil lebih menarik dengan mulut dan hidung yang tertutup oleh masker.
Di Purworejo sendiri saat saya berkendara sangat banyak sekali yang memakai masker saat berkendara. Terutama para wanita dengan beragam model dan warna serta gambarnya juga lucu-lucu. Jika  wanita memakai masker saat berkendara jadi terlihat lebih cantik, dibalik mata yang terlihat mempesona yang tak pelak bagi pria yang melihatnya timbul pertannyaan, siapakah dia ? hehe
Jujur saja saya sendiri tidak memakai masker saat berkendara. dulu sih pernah memakai masker saat musim kemarau panjang. Namun sekarang karena musim penghujan jadi tidak pernah pakai masker.

memakai masker saat berkendara
Biasakanlah Memakai Masker Saat Berkendara 
Sebenarnya memakai masker saat berkendara itu sangatlah dianjurkan, apalagi di daerah yang padat kendaraannya seperti di kota-kota besar yang setiap detik menit kendaraan lalu lalang. Otomatis tingkat polusinya tinggi sekali.
Dilansir dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan polusi udara diperkotaan telah memberikan kontribusi bagi 800.000 kematian setiap tahunnya. Penyakit yang ditimbulkan akibat polusi udara adalah gangguan pernapasan dan infeksi saluran pernapasan misalnya ISPA atau infeksi pernafasan akut yang sering timbul akibat polusi udara yang terhirup dalam jangka panjang tanpa disadari atau akibat cuaca yang tidak menentu.
Namun adakalanya pengendara enggan memakai masker, alasan umumnya sih biasanya nanti sulit bernapas atau sesak napas, pengap, atau tidak terbiasa. Namun mengingat pentingnya fungsi dan kegunaan masker. Kita musti harus membiasakan diri untuk memakai masker saat berkendara. Kita jaga organ paru-paru kita agar kita dapat bernapas dengan sebebas-bebasnya.
gambar model masker penutup hidung
Ada sedikit tips nih dari saya agar nyaman memakai masker :
  • Pilihlah model masker penutup hidung yang bahannya lembut dan tidak kasar. Biasaya sih kebanyakan bahannya dari katun
  • Pastikan masker selalu dicuci setiap beberapa hari sekali agar masker dalam keadaan bersih dan wangi. Usahakan punya minimal 2 masker jadinya dapat digunakan secara bergantian.
  • Jika belum terbiasa menggunakan masker, saat memakainya jangan terlalu kencang dan agak longgor ikatannya biar tidak terasa sesak nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *