Begini Cara Supaya Motor Kamu Tetap Bandel Performanya

MotorkuID.Com – Sempat terbesit dalam benak saya, bagaimana cara merawat motor biar performanya tetap bandel dan awet. Tentu sudah sangat jelas apabila motor dilakukan perawatan dapat menjaga performa, terlebih jika perawatan dilakukan saat pembelian baru dan rutin tentu tidak akan butuh biaya yang terlalu mahal, karena tiap komponen yang ada berjalan sesuai dengan rekomendasi dari pabrikannya. Kapan waktunya harus diganti. Nah bagaimana cara supaya motor Kamu tetap bandel performanya, diartikel ini akan dibahas.

BACA JUGA : Inilah 9 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Supaya Awet

Begini Cara Supaya Motor Kamu Tetap Bandel Performanya
Gambar via otomotif.liputan6.com/

Mengutip dari laman liputan6.com . dikatakan oleh  Supardiono selaku Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta mengungkapkan bahwa motor motor harian tidak akan mudah rusaak jika dilakukan perawatan rutin, penggantian oli mesin berkala, filter udara, dan filter oli yang selalu diperhatikan. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa oli merupakan elemen yang sangat penting guna menjaga performa mesin agar tetap fit dan bandel. Supardiono juga menyarankan kepada para penggguna agar periode penggantian oli dlakukan lebih cepat.

“Untuk oli, semua motor itu harus rutin tiap 4 ribu kilometer. Kalo Jakarta saya sarankan 3 ribu kilometer karena mesin berputar terus,” tuturnya.

Tak hanya itu saja, Supardiono juga menambahkan bahwa kontribusi busi juga menjadi salah satu komponen selanjutanya yang sangat perlu untuk diperhatikan. Dalam hal ini, menurutnya kinerja busi sangat ditentukan oleh ketebalan elektroda. Sebab, elektroda yang tipis sangat berpengaruh pada pengapiannya. “Busi 8 ribu kilometer ganti. Kalau iridium bisa di atasnya, 10 ribuan umur optimal. Elektroda sudah tipis berpengaruh pada api,” tambah Supardiono.

Kemudian, komponen yang terakahir yang cukup perlu diperhatikan yaitu menjaga filter udara. Menurut Supardiono, tiap 16 ribu km harus ganti. Akan tetapi, jika fisik masih bagus dan bersih tak perlu untuk diganti. Menurutnya, penggantian filter udara diperlukan untuk mendukung kinerja penyaringan agar lebih ptimal. Sebab, debu-debu halus yang tak diketahui pemiliknya terkadang masuk dalam filter tersebut dan bisa menghambat performa ilter udara.

Nah dengan mengetahui hal diatas, pastinya dapat memberikan pengetahuan kepada Kamu bagaimana cara melakukan perawatan agar motor yang kamu tunggangi tetap terjaga performanya.

Suka artikel ini ? Silahkan bagikan ke temen  kamu ya… Jangan lupa baca juga Ketahui Resiko Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *