Benarkah Inreyen Motor Matic Harus di Geber ?

MotorkuId – Anda pasti pernah mendengar hal-hal seperti ini terkait dengan motor baru yang masih dalam fase inreyen. Ada yang mengatakan motor baru langsung aja digeber agar motor biar jadi lebih ngebut. Motor baru harus sesering mungkin dibawa ke jalan yang nanjak biar nantinya motor tidak ngos-ngosan jika dibawa ke daerah pegunungan. Ada pula yang ngomong kalo motor baru harus sering dibawa boncengan agar nantinya kalo buat boncengan tidak berat dan motor masih tetap terasa kencang.
Semua pernyataan-pernyataan tersebut adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman pengguna sepeda motor dulu yang pernah inreyen motor dan telah menyebar dari mulut kemulut. Yang pastinya semua yang dilakukan itu entah benar atau tidak, pasti akan berdampak pada performa motor ke depannya.

Saya pernah inreyen motor Honda Supra 125 D sudah 5 tahun tepatnya bulan juli 2014 kemarin, performa motor masih baik mau dibawa kencang juga bisa dan konsumsi BBM masih tergolong irit. Ketika itu saya ingat jika motor tersebut saya bawa dengan laju kecepatan 40 – 60 Km/jam hingga Kilometer 500 Km setelah itu ganti oli untuk pertama kalinya. Dan selebihnya hingga umur 5 tahun performanya masih baik.
Terkait inreyen motor matic baru yang harus digeber biar bisa melaju kencang mungkin ada benarnya juga dan saya tidak akan menyalahkan karena saya sendiri juga tidak tahu pastinya. saya lebih memilih membawa motor yang masih dalam fase inreyen sesuai dengan prosedur yang dianjurkan dan feeling saja yaitu. Ada kalanya membawa motor kecepatan antara 40 – 60 Km/perjam jika jalan yang dilalui sangat bagus kecepatan dapat ditambah hingga 80 – 100 Km Km/jam namun pengaturan gas jangan sampai mentok. 
Saat sudah mau menyentuh 500 Km langsung diganti oli untuk pertama kalinya. Antara 500 – 1000 Km pengaturan kecepatan masih sama sebelum spidometer menyetuh 500 Km. Jika sudah di atas 1000 Km motor sudah bisa dibawa seperti biasa.

Demikian artikel seputar inreyen motor matic, semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *