Biar Nyaman Dikendarai, Isi Nitrogen Ban Aja Motor Mu

MotorkuID.Com – Saya penasaran dengan motor yang saya tunggangi setelah mengganti ban belakang menjadi ban tubeless ? kok motor jadi lebih gesit saat digunakan, pikir saya apa karena ban di isi Nitrogen.
Seperti diketahui Nitrogen merupakan unsur yang terkandung dalam udara yang kita hirup sehari-hari sebanyak 78 %. Dalam dunia otomotif Nitrogen ini digunakan untuk keperluan balapan, namun saat ini Nitrogen banyak digunakan pada kendaraan biasa.
Pengisian ban menggunakan Nitrogen motor maupun mobil sangat lumrah sekali dijumpai terutama di SPBU-SPBU yang menyediakan layanan pengisian Nitrogen. Sebenarnya pengisian Nitrogen pada ban sama prinsipnya jika kita mengisi tekanan ban menggunakan angin atau oksigen, perbedaannya hanya masalah di harga untuk mengisi Nitrogen saja harus merogoh kocek sekitar Rp 10.000 sedang kalo menggunakan angin biasa cukup Rp 2.000 saja.
mengisi tekan ban dengan nitrogen
Mahalnya pengisian tekanan ban menggunakan Nitrogen tidak lepas dari peralatan canggih dikhususkan untuk memproduksi Nitrogen hingga 99 % sehingga wajar untuk sekali isi harganya mahal, namun harga mahal sebanding dengan keuntungan yang diperoleh.
Nitrogen memiliki molekul yang lebih besar dibanding angin biasa, apabila Nitrogen digunakan untuk mengisi ban maka yang terjadi adalah gaya gesek di dalam ban lebih rendah ketimbang angin biasa atau oksigen. Alhasil potensi kebocorannya lebih besar dan ban juga tidak lebih panas dan performanya menjadi lebih stabil dan daya cengkraman serta kinerja ban akan menjadi optimal. Hal tersebut yang menjadi alasannya penggunaan Nitrogen pada ban di dunia balapan.
Keuntungan lain ban diisi nitrogen adalah tekanan ban akan terjaga lebih lama,sehingga akan sangat jarang mengisi ulang. Selain itu temperature suhu di dalam ban yang terisi Nitrogen akan terjaga kestabilannya sehingga sangat membantu mengurangi kecelakaan yang diakibatkan ban pecah atau overpressure.
Anda pasti bertanya-tanya bagaimana jika di penggunaan Nitrogen pada ban di campur dengan angin biasa ? apakah ada dampaknya ?
Tunggu pembahasan berikutnya, jadi tetap setiap bersama blog kesayangan Anda ini ya. Baca juga  Yuk Cek Kondisi Ban Motor Mu, Apa Sudah Waktunya Diganti

2 thoughts on “Biar Nyaman Dikendarai, Isi Nitrogen Ban Aja Motor Mu

  1. 'Nitrogen memiliki molekul yang lebih besar dibanding angin biasa, apabila Nitrogen digunakan untuk mengisi ban maka yang terjadi adalah gaya gesek di dalam ban lebih rendah ketimbang angin biasa atau oksigen. Alhasil potensi kebocorannya lebih besar dan ' betul 'potensi kebocorannya lebih besar' mas?
    baidewei salam satu daerah, saya di kutoarjo.

  2. hehe, terimakasih gan komentarnya, setelah saya baca kurang tepat gan maksudnya potensi kebocoran seharusnya lebih rendah,, hehe makasih koreksinya gan.

    salam kenal ya, saya dari Kec. Purwodadi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *