Ganti Ban Tubeless Aja Motor Mu – Biar Gak Nembel-Nembel Melulu ?

MotorkuID.Com – Baru-baru ini saya mendapatkan saran dari seseorang disuruh ganti  ban tubeless aja motor matic mu. Tanya kenapa ? dia menjawab biar gak nembel-nembel melulu. Lagian pakai ban tubeless lebih awet ketimbang ban biasa. Kok bisa begitu ?

Kala itu ban belakang motor matic saya sedikit gembos ditambah buat boncangan, ya jadinya ban mengalami kebocoran. Sampai artikel ini diterbitkan motor tersebut masih sekali tambal ban. Jadi bisa dibilang cukup awet dimana motor yang hampir menginjak umur satu tahun ini.

Pengen juga ganti ban tubeless, soalnya kalo memakai ban biasa menurut pengalaman bapak saya jika ban biasa udah sekali tembel seterusnya lokasi kebocoran ditempat lain sudah menanti. Biasanya bapak saya kalo udah 2 atau 3 kali nembel maka harus ganti ban dalam yang baru. Tahu sendirilah berapa biaya sekali nembel dan hitung berapa kali nembel jika bocor 5 kali ?

Nah jika Anda sudah membaca artikel kali ini, pertimbangkan mengganti ban tubeless biar gak nembel-nembel melulu. Oke simak ulasannya

Baca juga Ternyata Perawatan Motor Injeksi Tidak Butuh Waktu Lama Loh

Pakai Ban Tubeless Aja – Emang Keunggulannya Apa ?

Jenis ban yang bisa dipilih ada 2 pilihan yakni ban tubeless dan ban tubetype atau yang biasa disebut dengan ban biasa. Keunggulan ban tubeless dibanding ban biasa adalah tahan terhadap benda tajam. Jadi apabila ban tubeless terkena benda tajam secara otomatis serat-serat yang ada disekitar kebocoran akan menutup lubang kebocoran, sehingga ban jenis ini tidak perlu ditambal. Berbeda dengan ban biasa sekali kena benda tajam ya langsung deh dibawa ke tukang tambal ban.

Ban tubeless pada umumnya dibuat menggunakan bahan yang lunak namun bertekstur keras dan karet lebih tebal dan padat. Ketahanan bisa bertahan hingga 1,5 tahun saja jika dibanding ban biasa yang mampu mencapai umur 2 tahun. Namun kenyataannya ban tubeless bisa bertahan hingga 2 tahun lebih. Kebetulan temen saya yang punya motor matic memakai ban tubeless, dia bilang bannya tubeless yang dia pakai umurnya sudah lebih dari 1, 5 tahun dan kondisinya masih oke buat bermanuver. Padahal motornya dipakai buat sehari-hari jarak dekat maupun jarak jauh.

Perlu diketahui bahwa Ban tubeless hanya bisa digunakan pada pelek racing saja. Nah motor matic saya kebetulan sudah  memakai pelek rasing jadi sudah bisa langsung dipasang ban tubeless. Tapi harga ban tubeless berapa ?

Harga Ban Tubeless ? 

Menilik dari keunggulan di atas tadi bisa dipastikan harga ban tubeless lebih mahal dibanding ban biasa. Dilansir dari welovehonda.com selesih harga antara ban tubeless dan ban biasa bisa mencapai 30 – 50 % pada tipe dan ukuran yang sama.

Anda masih memakai ban biasa, pertimbangkan memakai ban tubeless biar gak nembel-nembel melulu.

Jangan lupa baca juga Yuk Cek Kondisi Ban Motor Mu, Apa Sudah Waktunya Diganti

2 thoughts on “Ganti Ban Tubeless Aja Motor Mu – Biar Gak Nembel-Nembel Melulu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *