Gara-Gara Motor Dibawa Ke Gunung Rem Cakram Malah Blong

MotorkuID.Com – Kejadian cukup mengerikan menimpa teman saya saat sedang berkendara di wilayah sekitar Kaligesing, Purworejo menuju daerah Waduk  Sremo, Wates, Kulon Progo. Rem Cakram motornya mengalami blong atau ngempos pada rem belakang, untungnya tidak terjadi apa-apa dan jalan yang dilalui pun agak lengang, jarang kendaraan yang melintas. Motornya sama dengan motor Honda Supra X 125 D saya, namun motor temen saya itu sudah bermesin injeksi dan pada rem belakangnya memakai rem cakram.

Baca juga Benarkah Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin ?

Gila sekali jalannya naik turun dan berkelok-kelok, bagi pengendara yang baru pertama kali berkendara di daerah tersebut pasti geleng-geleng kepala. Sebab jalannya tidak sekalipun ada  jalan yang rata. Beruntungnya jalan yang dilalui sudah dalam kondisi baik, meski masih ada beberapa tempat yang banyak lobangnya.
Kalo berkendara di wilayah seperti itu apa lagi menggunakan motor matik perlu kewaspadaan yang ekstra sebab motor matik jika melalui jalan yang terus menurun maka motor cenderung akan ngeloss atau gelondor terus dan harus melakukan pengereman secara terus-menerus untuk mengurangi kecepatan. Berbeda jika menggunakan motor model persneling motor di oper ke gigi 1 atau 2 motor sudah bisa berjalan pelan karena ikut melalukan pengereman.
Saat motor temen saya itu mengelami blong saya jadi bertanya-tanya apa yang menyebabkan rem cakram blong atau ngempos. Temen-temen pada berspekulasi mungkin minyak remnya yang habis atau mungkin kampas remnya sudah aus. Kan dari tadi ngerem-ngerem terus.
Dugaan temen-temen saya ada benarnya juga berdasarkan hasil baca-baca di internet kenapa rem cakram belakang motor temen saya bisa blong dikarenakan rem cakram terlalu panas pada komponen pengeremen terutama pada bagian selang atau pipa saluran minyak rem. Hal ini dikarena seringnya melakukan pengereman secara terus-menerus apalagi dengan kondisi medan jalan yang menanjak dan menurun penuh dengan kelok-kelokan. Walhasil minyak rem mengalami peningkatan suhu panas yang menjadikan kualitas minyak rem akan menurun sehingga menyebabkan karet sil pada selang cepat aus dan bocor.
Sayangnya kondisi motor temen saya itu tidak saya ambil fotonya jadi berikut adalah foto yang menggambarkan betapa ngerinya kondisi medan jalan yang naik turun serta berkelok-kelok. Baca juga Di Purworejo Pertamax Sering Kehabisan Stok
Waduk Sermo Wates Kulon Progo dari diatas ketinggian
Gambar yang pertama itu adalah penampakan dari waduk sermo yang ada di wates, apakah Anda pernah ke sana ?

One thought on “Gara-Gara Motor Dibawa Ke Gunung Rem Cakram Malah Blong”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *