Ingin Mudik 2015 Pakai Motor ? Pastikan Komponen Ini Berfungsi Dengan Baik

MotorkuID.Com – Sekitar satu minggu lagi lebaran idul fitri akan tiba, tradisi menyambut hari kemenangan tersebut biasanya dirayakan secara bersama-sama di kampung halaman. Bagi orang-orang yang merantau jauh dari kampung halaman, tentu tidak ingin melewatkan momen ini maka dari itu banyak para perantauan yang melakukan mudik baik itu menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil.

Nah bagi Anda yang ingin mudik lebaran 2015 menggunakan kendaraan sepeda motor, perlu melakukan segala kesiapan salah satunya adalah kondisi kendaraan sepeda motor Anda. Kondisi motor yang prima akan berdampak pada kenyamanan Anda dalam perjalanan mudik. Untuk memastikan kondisi motor Anda prima harus melakukan serangkai pemeriksaan yang dapat Anda lakukan di bengkel langganan Anda.Untuk lebih memahami komponen apa saja yang harus dilihat atau setidaknya Anda perlu mengetahui akan dijelaskan dibawah ini.

Komponen Yang Peru Diketahui Saat Memeriksa Kondisi Motor Anda Sebelum Mudik

Berikut adalah komponen yang perlu Anda ketahui saat melakukan pemeriksaan kondisi motor yang dilansir dari otomotif.news.viva.co.id :

Pemeriksaan system kelistrikan motor (accu)

Pemeriksaan ini berkaitan dengan kondisi accu terutama air accu berfungsi atau tidak. Accu yang baik bisa memberikan tegangan sekitar 12 volt, jika kurang dari itu maka akan mengalami kendala saat menghidupkan mesin motor terutama pada motor injeksi akan mengalami susah dan bisa-bisa menyebabkan komponen ECM mengalami kerusakan

Kampas Rem

Kampas rem perlu diperiksaan apa masih berfungsi dengan baik, sebab saat mudik dimastikan akan banyak kendaraan lainnya sehingga dibutuhkan pengereman yang sigap jika sewaktu-waktu ada kendaraan lain yang melakukan pengereman mendadak.

Lampu dan Indikator Motor 

Pemeriksaan ini perlu Anda pastikan berfungsi semua seperti lampu penerangan, lampu indicator belok kiri dan kanan. Jika salah satunya tidak berfungsi bisa menyebabkan fatal. Jadi pastikan harus benar-benar berfungsi.

Rantai 

Pastikan tegangan rantai ada dititik yang benar, dengan melihat petunjuk yang ada dibagian belakang motor. Rantai tidak boleh longgar atau kekencangan. Apabila kelonggaran, rantai mudah lepas dari gearshet dan menimbulkan suara berisik. Terlalu kencang membuat gigi gearshet lebih cepat aus. Jangan lupa untuk melumasi rantai motor agar bisa bekerja dengna optimal.

Karburator

Karburator merupakan komponen penting bagi sepeda motor konvensional sebab komponen ini yang mengalirkan bahan bakar ke mesin. Usahakan komponen ini dibersihkan dan distel ulang agar performanya optimal.

Ban dan Bearing 

Komponen terakhir adalah pastikan untuk mengecek tekanan angin pada ban sebelum berangkat mudik. Selain itu pastikan batikan ban dalam kondisi baik jika ternyata sudah halus sebaiknya diganti dengan yang baru, sebab ban tersebut daya cengkraman terhadap aspal sudah menurun sehingga sangat membahayakan sekali. Selain ban pastikan stang kemudi atau bearing dalam posisi baik atau stabil.

Demikian penjelasan mengenai komponen-komponen pada sepeda motor yang perlu Anda ketahui, meskipun pemeriksaan tersebut dilakukan di bengkel tempat Anda melakukan servis motor, setidaknya Anda perlu mengetahui dan bisa menambah wawasan Anda terhadap dunia otomotif.

Sebelum mengakhiri tulisan ini saya ingin mengucapkan selamat mudik lebaran 2015, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dalam keadaan sehat pula. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *