Inilah 9 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Supaya Awet

MotorkuID.Com – Kita sebagai pemilik motor seyogyanya perlu melakukan perawatan terhadap motor matic injeksi yang kita miliki. Tujuannya jelas supaya motor matic memiliki performa dan tampilan yang oke setiap kali dipakai sehari-hari. Melakukan perawatan motor secara baik dan benar tentu akan mempengaruhi harga jual kembali jika sewaktu-waktu motor matic akan dijual.

Nah kali ini admin akan memberikan tips cara merawat mator matic khususnya untuk yang menggunakan sistem injeksi yang bisa kita lakukan untuk menjaga performa dan tampilan motor. Tips ini ada 9 cara yang admin lansir dari website resmi astramotor.co.id :

  • Sebelum motor digunakan biasanya untuk memanaskan mesin antara 5-10 menit, jika sedang terburu-buru dapat dikakukan pemanasan dengan cara menghidupkan mesin motor matic dan ketika sedang menggunakannya jangan langsung dengan kecepatan tinggi, lakukan dengan kecepatan rendah dahulu supaya oli dapat melumasi bagian seluruh mesin, hal ini dilakukan karena oli pada saat mesin dimatikan tidak melumasi secara merata. 
  • Lakukan pengecekan busi dan aki, untuk bagian busi pastikan dalam keadaan baik dan bersih, jangan sampai kotor yang menyebabkan pengapian motor tetap baik, sementara aki pastikan aki dalam keadaan baik apabila mati segera diganti.
  • Lakukan pemeriksaan oli mesin dan oli transmisi jangan sampai kehabisan, lakukan pergantian oli secara berkala sesuai dengan petunjuk dari bengkel tempat mengganti oli atau bisa juga merujuk pada buku panduan pemakai motor matic.
  • Saat mengendarai motor matic jangan keseringan melakukan mendadak langsung tancap gas terlalu kencang sembari melakukan pengereman mendadak, hal ini dapat mempengaruhi kinerja transmisi motor matic cepat aus. 
  • Lakukan servis berkala dengan meminta mekanik agar melakukan pembersihan pada ruang transmisi jika sudah kotor.
  • Lakukan pengisian bensin secara full tangki. Usahakan untuk selalu mengisi bahan bakar sebelum jarum indicator menyentuk posisi E (empty) karena hal ini bisa berakibat pada kondisi pompa injector yang cepat rusak. 
  • Saat akan berkendara jarak jauh pastikan untuk mengecek pada bagian V belt motor matic, karena ini fungsinya seperti rantai pada motor non matic.Lakukan pergantian jika sudah terasa keras dan motor sudah terasa berat tarikannya. 
  • Lakukan servis secara berkala di bengkel resmi untuk tetap menjaga performa motor matic tetap sempurna sehingga motor matic menjadi awet dan selalu nyaman digunakan untuk bepergian.

    Lakukanlah 9 cara merawat motor matic injeksi di atas niscaya motor matic Anda akan tetap memberikan yang terbaik buat Anda. Tips tambahan adalah lakukan pengecekan sesegera mungkin apabila dirasakan kondisi motor matic yang kurang nyaman saat sedang digunakan/ dikendarai. Demikian semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Ketahui Resiko Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas

    One thought on “Inilah 9 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Supaya Awet”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *