Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Mengendarai Motor

MotorkuID.Com – Rasa kantuk memang kerap menghantui para pengendara motor, penyebabnya bervariasi bisa karena si pengendara kurang tidur, karena jalanan yang dilalui bertrek lurus sehingga tidak ada variasi dalam menunggani si kuda besi.

Rasa kantuk yang timbul dapat membuat kita lebih beresiko terjadi kecelakaan, baru-baru ini salah satu adik temen saya yang hendak pulang ke Kebumen dari Purworejo mengalami insiden kecelakaan di dekat alun-alun Purworejo. Saat itu dia menabrak motor di depan dan tidak mengetahui motor tersebut mau belok. Saat saya tanya kok bisa sampai nambrak motor di depan, dijawabnya mengantuk karena kurang tidur semalam. Saat kejadian dia tidak mengetahui jika motor tersebut mau belok, dia juga tidak tahu apa motor di depan ngidupin lampu sein atau tidak.

Baca juga Penting!!!! Jaga Jarak Aman Anda Saat Mengendarai Motor

Itu adalah salah satu contoh dimana rasa kantuk dapat memicu terjadinya kecelakaan. Lantas adakah cara ampuh menghilangkan rasa kantuk saat mengendarai motor. Apalagi di saat mudik lebaran seperti ini, jalanan ramai yang otomatis dapat memicu rasa kantuk karena kebosanan dijalanan. Nah untuk menjawab hal tersebut ada tipsnya loh silahkan dibaca sampai tuntas ya.

Dilansir dari laman resmi wahanahonda.com ada 5 hal yang perlu dicoba untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyergap disaat mengendarai motor yaitu :

Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Mengendarai Motor
Gambar By wahanahonda.com

Menggeber-Geber Motor 

Sesekali lakukan hal ini dengan memvariasikan bukaan gas di saat rasa kantuk mulai menghadang, kondisi ini biasanya terjadi saat sedang melintasi jalan yang lurus dan panjang. Pemandangan yang monoton membuat mata terasa rileks dan akhirnya rasa kantuk muncul seketika. Dengan melakukan variasi bukaan gas akan memicu hormone andrenalin meningkatkan konsentrasi dan pastikan saat menggeber-geber motor jalanan dalam keadaan aman.

Bermanuver 

Lakukan manuver dengan cara zig zag, hal ini dapat memicu hormon andrenalin. Namun saat melakukan zig zag pastikan jalanan dalam keadaan kosong, karena terlalu beresiko jika jalanan dalam keadaan ramai seperti saat mudik lebaran seperti saat ini.

Gigit Lidah

Rasa kantuk dapat dialihkan dengan melakukan aksi gigit lidah atau menggesek-gesekkan lidak ke gigi seri bagian atas. Hal ini bertujuan agar otak melupakan rasa ngantuk dan beralih ke bagian lidah. Kadang hal ini juga saya lakukan saat mengendarai motor dan lumayan membantu mengusir rasa kantuk.

Bernyanyi 

Bernyanyi saat mengendarai motor terbukti cukup membantu mengusir rasa kantuk, kita bisa bernyanyi lagu-lagu favarit kita, tapi jangan mengendarai motor sambil mendengarkan musik.hal ini malah bisa memicu rasa kantuk muncul.

Menepi

Cara terakhir adalah menepi apabila cara di atas kurang ampuh, lakukan istirahat sejenak sambil menikmati minuman dan makanan, jika perlu berbaringlah sejenak untuk menghilangkan rasa kantuk. Carilah tempat pemberhentian sementara yang dirasa aman bisa di warung, masjid, minimarket atau pos polisi.

Dari ke 5 hal tersebut yang sering banget saya lakuin ya menggeber-geber motor, gigit lidah dan bernyanyi, melakukan hal tersebut lumayan bisa membantu menghilangkan rasa kantuk. Ada tips yang cukup ampuh banget yang sering dilakukan oleh para pengemudi kendaraan truk, saat ngopi banyak yang mencampurnya dengan garam sebanyak setengah sendok teh. Anda mau coba, silahkan
Jangan lupa baca juga Inilah Tips Agar Mengendarai Motor Tidak Mudah Pegel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *