Inilah Cara Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

MotorkuID.Com – Bagi pemula mengendarai motor matic saat pertama kalinya akan terasa aneh yang biasanya saat akan mengendarai motor selalu mengganti-ganti perseneling gigi dan menggunakan rem kaki, saat mengendarai motor matic tinggal menarik gas dan melakukan pengereman menggunakan tangan.

Uniknya di motor matic untuk menghidupkan mesinnya harus menekan rem dahulu baru bisa dihidupkan baik menggunakan kick starter atau menggunakan starter. Apabila rem tidak ditekan mesin motor tidak mau hidup. Saya sendiri punya pengalaman saat pertama kali mengendarai motor matic saat mau memfoto copy dokumen di Purwodadi, singkat cerita saat akan kembali ke rumah saya mengalami kesulitan dalam menghidupkan motor matic yang pada saat itu motor yang saya gunakan motor Honda beat milik temen saya. Standar samping sudah sudah dinaikan motor matic tetap tidak bisa dihidupkan meski sudah berulang kali mengengkol dan menstarter motor, namun hasilnya nihil. Saat itu ada mbak-mbak yang mendekati saya mas remnya ditekan baru di starter. Saya ikuti apa yang mbaknya katakan dan ternyata mesin menyala. Saya hanya bisa tersenyum-senyum dan ucapin terima kasih pada mbaknya.

Baca : Benarkah Inreyen Motor Matic Harus Digeber ?

Cara Mengendarai Motor Matic  Bagi Pemula

Nah bagi Anda masih pemula dalam mengendarai motor matic harus memperhatikan betul-betul saat akan menghidupkan motor, jangan sampai seperti saya . hehe Apabila motor sudah hidup kini gilirannya untuk mengetahui bagaimana cara mengendarai motor matic yang baik dan benar. Tak bisa dipungkiri saat pertama kali mengendarai motor matic keinginan untuk selalu menarik pedal gas supaya ngebut sampai-sampai saat melakukan pengereman handle gas tidak dikurangi hingga membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lain (pengalaman pribadi). Oke berikut adalah cara mengendari motor matic bagi pemula sepaya lihai.

Baca juga Ternyata Posisi Tangan Seperti Ini Saat Mengendarai Motor Salah Besar, Apa Alasannya ?

  • Jangan lupa untuk menghidupkan motor matic dengan menekan handle rem terlebih dahulu, ada baiknya gunakan ke dua handle rem (rem depan dan belakang) supaya motor matic saat dihidupkan tidak melompat. 
  • Saat mulai melajukan motor matic usahakan jangan menarik handle gas secara paksa, sebab tarikan gas pertama berat karena putaran mesin masih belum mencapai pada putaran maksimal untuk menggerakkan sistem sentrifugal. Sistem motor matic dibuat seperti itu digunakan sebagai pengamanan pada saat matic di starter. 
  • Usahakan untuk mengendarai motor matic pada kondisi jalan yang datar tidak dipegunungan, walaupun motor matic dapat dipakai di daerah pegunungan, mengingat motor matic hanya dibekali sistem pengemanan yang hanya mengandalkan pengereman, disamping itu motor matic di desain yang rendah sehingga kurang mendukung pada kondisi jalanan yang tidak rata.
  • Saat melakukan pengereman disarankan untuk melakukan pengereman menggunakan 4 jari untuk memberikan kekuatan saat pengoperasian handle rem yang lebih baik. Pengereman usahakan dilakukan secara bersamaan atara rem belakang dan depan supaya lebih stabil saat motor matic berhenti.
  • Terpenting adalah selalu mengontrol kecepatan laju motor matic saat berada dijalan yang menikung dan menurun dengan mengurangi tarikan handle gas dan menekan rem belakang dan depan secara bersamaan.
Demikian artikel kali ini semoga dapat memberikan tambahan tentang cara mengendarai motor matic. Pesan saya adalah jangan menggunakan motor matic dijalanan memiliki kuntur wilayah penggunungan sebab sangat berbahaya seperti yang sudah saya bahas di artikel tentang Pakai Motor Matic Nyaman Dijalan Menanjak, Bikin Was-Was Dijalan Menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *