Inilah Cara Mudah Mengetahui Tingkat Keuasan Kampas Rem Tipe Tromol

MotorkuID.Com – Apabila saat mengendarai motor dan melakukan pengereman sembari terdengar bunyi decit atau atau bahkan pengereman sudah tidak pakem, coba lakukan pengecekan terhadap kampas remnya barang kali sudah habis atau sudah tipis dan waktunya untuk diganti yang baru. Namun bukan berarti kampas rem tipis yang menyebabkan rem berbunyi decit tapi bisa juga karena kotoran yang menempul, apabila itu penyebabnya maka perlu dilakukan pembersihan.

Bagaimana Cara Mendeteksi Tingkat Keausan Kampas Rem Tipe Tromol ?

Kebanyak pemilik motor yang masih pemula apabila saat menginjak rem dan injakkannya terlalu dalam, maka kampas rem menandakan sudah tipis dan waktunya diganti. Padahal hal tersebut belum tentu benar, sebab apabila masih distel ulang maka melakukan penggantian kampas rem tidak perlu dilakukan sebab masih bisa berfungsi normal, tanpa harus menekan pedal rem sampai dalam. Nah untuk menentukan kampas rem tipe tromol yang benar-benar harus diganti bagaimana ?

Caranya cukup mudah sekali untuk mendeteksi tingkat keuasan atau tingkat ketebalan kampas rem tipe tromol dapat dilihat pada indikator keuasan yang letaknya di tutup tromol dan jarum segitiga. Tiap motor tanda ini berbeda-beda dan dibawah ini adalah indikator tingkat keuasan kampas rem tipe tromol berbentuk segitiga pada motor Honda Supra X 125 D.

Baca juga Usia 5 Tahun Motor Honda Supra X 125D Ku Performanya Masih Oke

Cara membacanya :

Apabila rem di tekan dan indikator jarum segitiga menunjukan masih jauh dari tanda segitiga yang ada ditutup tromol artinya kampas rem masih tebal, namun sebaliknya jika jarum indikator menempel pada indikator segitiga maka bisa dipastikan kampas rem sudah tipis dan harus segera diganti dengan yang baru.

Lakukan segera kampas rem yang sudah tipis dengan yang baru, apabila tidak segera tidak diganti beresiko besi pada kampas rem bergesekan dengan tromol kalau sudah begini biayanya bakalan lebih mahal sebab tromol juga harus diganti baru.

Jadi pastikan selalu cek kondisi keausan kampas rem motor kamu ya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Jangan lupa baca juga Gara-Gara Motor Dibawa Ke Gunung Rem Cakram Malah Blong

One thought on “Inilah Cara Mudah Mengetahui Tingkat Keuasan Kampas Rem Tipe Tromol”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *