Inilah Resiko Jika Ban Tubeless Terkena Paku Tidak Segera di Tambal

MotorkuID.Com – Memang sangat menguntungkan sekali jika sepada motor menggunakan ban tubeless. Apabila terkena ranjau paku dan mengalami kebocoran, ban masih mampu menahan supaya angin tidak keluar.

Baca juga : Ganti Ban Tubeless Aja Motor Mu – Biar Gak Nembel-Nembel Melulu ?

Pengalaman saya setelah menggunakan ban tubeless selama kurang dari 1 tahun sudah beberapa kali mengalami kebocoran yang disebabkan oleh ranjau paku. Saya pun tidak langsung menambal ban tersebut cuma dilakukan isi angin setiap pagi hari dan keesokan harinya harus kembali dii pompa. Selama satu minggu sejak kebocoran saya berniat menambalkannya, dan beruntungnya di Purworejo tidak sulit untuk mencari tukang tambal ban yang bisa menambal ban tubeless.

Ada satu hal yang dituturkan oleh tukang tambal ban ke saya, waktu itu ban tubeless saya ternyata menancap sebuah paku yang cukup besar. Saking besarnya membuat saya harus memompa berulang kali setiap harinya karena cepatnya angin keluar dari sela-sela paku tersebut.

Saat mulai di tambal, tukangnya memberi saran ke saya. Mas kalau pakai ban tubeless gini, walaupun ban tubeless ini mampu menahan angin saat kebocoran. Segera dilakukan penambalan sebab ada resiko yang serius kalo tidak ditambal. Apalagi ban tubeless bocor karena tertancam ranjau paku. Resikonya yaitu bisa menyebabkan pelek dan ban cepat rusak karena seringnya ban mengalami benturan.

Baca juga : Perhatikan Hal Ini Jika Anda Hendak Mengganti Ban Biasa Menjadi Ban Tubeless

Karakteristik ban tubeless itu lebih keras dibanding ban biasa karena struktur lapisan karet lebih tebal dan padat, sehingga apabila melewati jalan yang rusak dan tidak rata, maka beresok pada peleknya dan juga pada ban tubeless itu sendiri.

Kata tukang tambal ban tersebut ada benarnya juga, soalnya saya sendiri menggunakan ban tubeless tidak sampai satu tahun sudah harus ganti kembali. Selain itu saya sering banget menunda-nunda untuk menambal ban tersebut sehingga menyebabkan sering kekurangan angin. Akibatnya ban tubeless yang saya gunakan tingkat keausan semakin menjadi-jadi.

So, apabila Kamu sudah menggunakan ban tubeless, segera lakukan penambalan sesegera mungkin dan jangan ditunda-tunda lagi, sebelum resiko lebih berat menanti.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Wow Tambal Ban Motor Tubeless, Ternyata Sangat Gampang Sekali. Gak Perlu Lagi Ke Tukang Tambal Ban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *