Inilah Tips Agar Berkendara Menggunakan Motor Tidak Mudah Pegel

MotorkuID.ComMudik lebaran merupakan tradisi yang telah bertahun-tahun dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini banyak pemudik yang lebih memilih menggunakan sepeda motor ketimbang menggunakan kendaraan umum, dengan alasan beragam mulai dari naik motor lebih leluasa dan lebih mengirit pengeluaran.

Apapun alasannya, mudik menggunakan sepeda motor lebih terasa capeknya . Melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor itu cukup melelahlah sekali. Saya saja berkendara dari Purworejo sampai Semarang saja rasanya badan pegel-pegel banget, terutama pada bagian bokong rasanya panas banget . Apalagi harus kalo berkendara dari purworejo katakanlah mau ke Cikarang, Jawa Barat. Capeknya gimana ya ?

Inilah Tips Agar Berkendara Pakai Motor Tidak Mudah Pegel

Nah, untuk mengurangi rasa pegel saat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor, saya ada tips buat Anda yang berniat mau mudik lebaran tahun ini (2015) menggunakan sepeda motor. Walaupun tidak sepenuhnya bisa menghilangkan rasa pegel, tapi lumayan bisa sedikit mengurangi rasa pegel, tidak perlu panjang lebar lagi berikut adalah tips agar berkendara pakai motor tidak mudah pegel.

Baca juga Ingin Mudik 2015 Pakai Motor ? Pastikan Komponen ini Berfungsi dengan baik

Posisi Duduk Saat Di atas Jok Motor

Posisi duduk yang benar adalah posisi paha hingga kaki harus lurus saat duduk di jok motor dan kaki jangan terlalu memenggang ke luar posisi dari body motor. Posisi duduk seperti itu berlaku digunakan untuk semua jenis kendaraan

Posisi Tangan Saat Memegang Setang Motor 

Posisi tangan yang benar adalah tekuk sedikit atau sekitar 30 derajat dari sisi luar tangan. Masih banyak pengendara sepeda motor saat berkendara cenderung meluruskan tangannya saat memegang setang, padahal hal memegang setang dengan posisi seperti itu justru malah mempercepat rasa pegal, disamping itu malah dapat membahayakan si pengendara sendiri maupun pengendara lainnya, sebab andai terjadi tabrakan atau menghantam lubang, maka tangan dalam posisi lurus, lebih beresiko patah tangan akan semakin besar.

Demikian tips berkendara menggunakan motor saat mudik biar tidak mudah pegel-pegel. Semoga dapat bermanfaat. Pesan saya Cuma satu jika dirasa sudah lelah, putuskanlah untuk berinstirahat sejenak, 1 atau 2 jam cukup, walaupun sampai tujuan lama yang penting selamat sampai tujuan. Jangan lupa baca juga Apa Sih Penyebab Motor Matic Berisik ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *