Ketahui Resiko Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas

MotorkuID.Com – Apakah Anda sering mencuci motor di tempat pencucian motor, kalo bahasa kerennya cuci steam ? kalo saya sendiri baru satu kali mencuci motor di tempat pencucian motor, yang waktu itu motor Honda Spacy saya habis dibawa ke Semarang, jadinya motor super kotor banget ditambah saya agak males mencucinya. Terkait dengan artikel yang akan dibahas kali ini yang perlu kita perhatikan adalah harus benar-benar memperhatikan aspek ini, sebab apabila diabaikan maka akan beresiko terhadap performa motor kita, resiko apa itu mari kita simak bersama-sama.

Baca juga Hufff Hampir Saja Tabrakan

Sebagian orang pasti mengandalkan tempat pencucian motor guna menjaga tampilan motornya, sehingga tiap kali motor dalam keadaan kotor langsung di bawa ke tempat pencucian motor. Mencuci motor di tempat pencucian motor kerap ditemui motor yang langsung dicuci dalam keadaan mesin masih panas. Tahukah bahwa hal tersebut sangatlah beresiko terhadap performa motor yang seperti di lansir dari salah satu tread di kaskus yang menginformasikan bahwa salah satu motor sehabis dicuci di tempat pencucian, mesin motor tidak bisa dihidup baik di starter maupun kickstarter. Setelah diperiksa oleh mekanik ternyata stang piston mengalami bengkok.

Usut punya usut terjadinya kebengkokan stang piston diduga karena si pemilik motor melakukan pencucian motor dimana mesin dalam keadaan panas yang menyebabkan struktur material berupa besi mengalami perubahan bentuk (bengkok). Kenapa hal demikian bisa terjadi ?

Baca juga Perhatikan Hal Ini Saat Mencuci Motor Injeksi

Motor yang mesinnya masih dalam keadaan panas apabila langsung diguyur menggunakan air bisa menyebabkan struktur material yang ada di mesin yaitu berupa besi akan mengalami pemuaian dan salah satu sifat dari besi jika masih dalam keadaan panas lalu didinginkan secara cepat maka besi akan mengalami perubahan bentuk yang mana diikuti oleh perubahan sifat besi tersebut menjadi elastis. Apabila hal demikian berlangsung secara terus menerus maka pada bagian sebuah motor yaitu stang piston akan mudah bengkok jika sedang terjadi pemuaian / panas.

Maka untuk menghindari resiko tersebut kita perlu memastikan bahwa mesin motor dalam keadaan dingin. Minimal pendinginan berlangsung selama 15 menit supaya ada proses pendinginan secara alami. Mencuci motor di tempat pencucian jika sedang antri mungkin hal ini bisa teratasi, karena saat giliran waktunya dicuci mesin motor sudah dingin, namun jika tidak ngantri ada baiknya bilang ke tukang cuci untuk menunggu sebentar sampai mesin motor dalam kondisi dingin. Jangan lupa baca juga Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Mengendarai Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *