Lakukan Hal Ini Jika Knalpot Motor Mu Tak Ingin Karatan dan Bocor

MotorkuID.ComKnalpot motor merupakan sebuah piranti yang berfungsi untuk membuang gas hasil pembakaran pada mesin motor.  Fungsi lainnya knalpot motor dijadikan sebagai penunjang penampilan motor. Jadinya banyak bikers yang rela merogoh kocek dalam demi membeli sebuah knalpot dan mengganti knalpot motor standar dengan yang baru.
Namun perlu disadari bahwa knalpot motor perlu mendapatkan perawatan yang ekstra karena knalpot sangat mudah berkarat (korosi) dan bocor. Keadaan tersebut otomatis dapat menimbulkan suara yang keras dan berisik selain itu membuat tampilan motor tak lagi menarik.
Apakah Knalpot Motor Anda Sering Dirawat ?
Jika ditanya hal diatas, jujur saja selama ini saya tidak begitu memperhatikan untuk merawat knalpot. Alhasil motor Honda SupraX 125D knalpotnya mengalami karatan dan mengalami kebocoran. Jadinya saat motor dipanaskan gas keluar dari lubang yang bocor. Apalagi saat  selesai mencuci motor lalu mesinya dipanaskan maka asapnya bisa terlihat.
Motor Honda Spacy saya sendiri setelah saya lihat-lihat juga mulai berkarat. Ini kecerobohan saya yang tak pernah merawat knalpot. Ini penampakan knalpotnya
Lakukan Hal Ini Jika Knalpot Motor Tak Ingin Karatan dan Bocor
Terlihat Knalpot Motor Mulai Karatan

Apa Penyebab Karatan dan Bocor Pada Knalpot Motor ?
Penyebab utama knalpot menjadi karatan dan bocor karena terjadinya perbedaan suhu antara bagian dalam dan bagian luar knalpot. Hasilnya knalpot akan mudah berkarat apalagi jika motor sering digunakan di daerah yang berpasir seperti pantai. Maka akan mempercepat terjadinya korosi dan jika tidak segera dibersihkan lama kelamaan akan menjadi bocor atau berlubang. Penyebab lainnya adalah disebabkan oleh kotoran yang bercampur dengan air yang melekat dan terjadinya endapan air pada sistem pembuangan knalpot. Biasanya saat musim penghujan seringnya pengendara motor tidak sesegera mungkin membersihkan knalpot. Alhasil lama kelamaan knalpot mengalami korosi dan kebocoran. 
Bagaimana Cara Merawat Knalpot Motor ?
Agar knalpot motor tidak terjadi korosi dan bocor diperlukan perawatan secara berkala. Caranya sebagai berikut :
  • Lakukan menyikatan mengunakan sikat kawat untuk membersihkan kerak pada knalpot sebelum diberi oli.
  • Setelah disikat berilah oli pada lubang knalpot yang tujuannya untuk mengurangi terjadi perubahan warna kuning akibat panas. Lakukanlah hal ini setidaknya 2 bulan sekali.
  • Periksa bagian leher knalpot dan beri pelumas oli agar kotoran dan karat bisa hilang
  • Terakhir adalah selalu pastikan knalpot dalam keadaan kering terutama saat berkendara dalam kondisi hujan jika sudah tidak digunakan dianjurkan untuk segera dikeringkan. Begitu juga saat mencuci motor.
Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya Ini Loh Cara Menghidupkan Motor Injeksi Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *