Pakai Motor Matic Nyaman Dijalan Menanjak, Bikin Was-Was Dijalan Menurun

MotorkuID.Com – Tidak bisa dipungkiri bahwa berkendara menggunakan motor matic sangat nyaman sekali. Betapa tidak pengendara cukup membuka dan menutup gas motor sudah bisa melaju tanpa harus payah-payah memikirkan perseneling. Oleh karenanya sangat wajar banyak masyarakat yang menggandrungi motor matic. Termasuk saya yang kini telah mempunyai motor matic Honda Spacy yang saya beli pada bulan Juli 2014.
Berbicara masalah kelebihan motor matic banyak sekali yang telah membicarakan hal ini mulai dari kenyamanan dalam berkendara, sampai kelincahannya meliuk-liuk dijalan yang ramai. Namun jangan salah jika berkendara di daerah pegunungan dimana kondisi jalan menanjak dan turunan curam disertai jalan yang berkelok-kelok. Saya akan memberikan testimoni tentang hal ini.
foto kondisi jalan yang menanjak 

Pakai Motor Matic Nyaman Dijalan Menanjak, Bikin Was-Was Dijalan Menurun

   
Pada bulan Februari 2015 selama satu bulan saya harus berkendara  pulang pergi menggunakan motor Honda scapcy untuk melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di salah satu peternakan kambing PE milik Jawa Tengah, tepatnya di desa Tlogoguo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Kira-kira ketinggiannya sekitar 700 meter di atas permukaan laut.  
Jadi singkatnya jalan yang saya lalui tiap harinya adalah jalan menanjak dan menurun disertai banyaknya tikungan-tikungan tajam. Dan ditambah jalan yang tidak terlalu lebar membuat setiap pengendara yang lalu lalang tiap harinya harus meningkatkan kewaspadaan.
Mengendarai motor matic dijalan yang menanjak sangat nyaman sekali karena tidak perlu susah memikirkan perseneling seperti motor manual yang harus mengoper gigi 2 atau 1 untuk melalui jalan tanjakan. Namun giliran pulangnya jalan yang dilalui adalah turunan yang curam, dan ternyata motor matic cukup membuat jantung was-was. Sebab untuk menurunkan kecepatan motor cuma mengandalkan rem depan dan belakang, agar motor bisa berjalan sesuai dengan kecepatan yang dikehendaki.
Saat motor matic melewati jalan turunan yang curam apabila tidak digas motor akan ngeloss dalam posisi netral. Otomatis motor akan melaju kencang dan untuk mengurangi kecepatan andalan utamanya adalah rem.  Berbeda jika menggunakan motor gigi manual diopper ke gigi terendah maka motor mudah dikendalikan, karena mesin ikut melakukan pengereman sehingga kinerja rem tidak terlalu berat.
Bisa dibayangkan motor matic yang tiap harinya digunakan naik turun gunung pasti kanvas rem akan cepat habis dan sangat beresiko sekali terjadinya rem blong atau ngempos seperti yang dialami oleh temen saya. Baca di postingan Gara-Gara Motor Dibawa Ke Gunung Rem Cakram malah Blong
Kesimpulannya menggunakan motor matic dijalan yang menanjak dan menurun, lebih-lebih turunan curam dan berkelok-kelok. Saya rasa tidak cocok sebab sangat beresiko dengan faktor keselamatan karena berbagai faktor salah satunya adalah rem yang sewaktu-waktu bisa blong. Sedangkan motor manual lebih aman jika untuk melewati jalan menurun dan curam, sebab pengereman bisa dibantu dengan pengereman mesin sehingga kanvas rem bisa lebih awet. 
Jadi jika Anda tinggal di daerah pegunungan dimana kondisi jalan yang menanjak dan turunan yang curam pertimbangkan baik-baik jika ingin  membeli motor matic. 
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Lakukan Hal Ini Jika Knalpot Motor Mu Tak Ingin Karatan Dan Bocor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *