Pakai Pertamax Motor Injeksi Jadi Lebih Irit

MotorkuID – Melihat harga pertamax memang lebih mahal dibandingkan harga premium yang telah dinaikkan oleh pemerintah jokowi. Untuk pertamax di Purworejo harganya Rp 10.600, sedangkan di daerah lain biasanya harganya sudah berbeda, bisa lebih murah atau malah lebih mahal.
Kemarin saya mencoba mengisi BBM pertamax untuk pertama kalinya, semenjak memakai motor injeksi Honda Spacy Helm In. Sebab ada stigma yang berkembang dikalangan para pengguna motor injeksi bahwa jika punya motor bermesin injeksi harus menggunakan BBM pertamax. Alasannya bermacam-macam ada yang bilang jika menggunakan pertamax akan maksimal dalam keiritan bahan bakar dibandingkan menggunakan premium, ada juga yang bilang motor akan terasa lebih enteng tarikannya, dll.
Yang saya rasakan sejauh ini setelah memakai pertamax tarikan motor saya jadi lebih enteng, untuk urusan keiritannya antara premium dan pertamax rasanyanya memang lebih irit. Mungkin karena pertamax lebih sempurna dalam pembakarannya sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia. Yang lebih penting lagi adalah pada kenalpotnya saat sedang dikendarai terus tarikan gas diturunkan kenalpot tidak bersuara seperti meletup-meletup. Berbeda sekali waktu menggunakan Premium suara kenalpot sering sekali meletup-meletup.
Saya melihat perbandingan antara premium dan pertamax selisih tidak terlampau jauh. jika saya mengisi premium Rp 30.000 dapat sekitar 3,5 liter, sedangkan saat mengisi pertamax dengan harga yang sama dapat sekitar 3 liter lebih sedikit. 
Hal tersebut dipertegas oleh petugas SPBU mending ngisi pertamax saja mas, selisihnya gak jauh-jauh amat. toh pakai pertamax malah lebih irit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *