Perhatikan Hal Ini Biar Selamat Saat Mengendarai Motor

MotorkuID.Com – Kejadian kemarin cukup membuat saya emosi sebab saat akan pulang dari Kaligesing hampir kejadian saling senggolan antara motor supra fit dengan motor yang saya tunggangi yakni motor matic Honda Spacy. Kebetulan yang mengendarai teman saya sedangkan saya dibonceng.
Kejadiannya begini, saat jalanan sedang ramai sekali ada kendaraan dari belakang yang bermaksud menyalip dari sebelah kiri . Secara bersamaan dari sebalah kanan  ada motor yang juga menyalip spontan saja temen saya tidak stabil membawa motornya dan sedikit belok ke kiri guna menghindari motor tersebut. Alhasil motor saya bersenggolan dengan motor yang hendak menyalip dari sebelah kiri. Beruntung saja tidak sampai jatuh.
Yang sedikit membuat saya emosi adalah, motor yang hendak menyalip tersebut tidak menghidupkan sein atau mengklakson.  Seharusnya jika hendak menyalip cobalah untuk memberi isyarat kepada kami sehingga kejadian seperti itu bisa diminimalisir.
jaga jarak bro biar selamat
Diartikel ini saya hanya akan memberikan sedikit pesan yang mungkin bisa bermanfaat tidak hanya Anda tapi juga saya. Mengendarai sepeda motor kita dituntut tak hanya lihai dalam mengendari motor tapi juga dituntut untuk selalu bisa mengkomunikasikan apa yang kita maksud kepada pengendara lainnya. Salah satu contohnya adalah saat sedang berada dijalan dan bermaksud menyalip kendaraan didepan, kita diharus menghidupkan lampu sein dan mengklakson. Tujuannya untuk memberi tahu bahwa kita akan menyalip mobil depan dan memberi sinyal kepada kendaraan dari arah berlawanan untuk memperlambat laju kendaraannya.
Kejadian yang kami alami kemarin hanyalah satu contoh tindakan dimana saat jalan ramai banyak kendaraan yang tidak memperhatikan jarak aman berkendaraan. Ditambah saat akan menyalip tidak sekalipun memberikan isyarat jika hendak menyalip. Hal-hal ringan seperti ini jika diabaikan bisa-bisa mengakibatkan insiden kecelakaan.
Dilansir dari situs welovehonda.com motor memerlukan jarak untuk bisa berhenti untuk keadaan normal, biasanya untuk menjaga jarak minimum 2 detik dibelakang kendaraan lain. Tujuannya supaya motor memiliki ruang yang cukup untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu kendaraan didepan akan berhenti mendadak atau menghindari jalan rusak dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *