Perhatikan Hal Ini Jika Anda Hendak Mengganti Ban Biasa Menjadi Ban Tubeless

MotorkuID.Com – Seperti kita ketahui bersama kelemahan ban biasa jika kena ranjau paku, maka ban akan langsung gembos dengan cepat. Berbeda dengan ban tubeless, meski terkena paku ban tidak akan langsung gembos. Keunggulan inilah yang biasa memantik kalangan pengguna motor untuk mengganti ban biasa menggunakan ban tubeless. Alasannya beragam mulai dari tekor jika harus nembel-nembel ban melulu, apalagi kalo ban biasa yakni ban dalamnya jika udah 2 – 3 kali nembel kudu cepet diganti kalo gak tempat lain giliran menanti buat ditembel.

Apapun alasannya jika hendak mengganti ban biasa menjadi ban tubeless harus memperhatikan hal berikut ini. Soalnya ini menyangkut kenyamanan Anda dalam menunggani kuda besi Anda nantinya. Jadi harus benar-benar diperhatikan.

Baca juga Yuk Cek Kondisi Ban Motor Mu, Apakah Sudah Waktunya Diganti

 Ban Tubeless Motor Tidak Cocok Dipakai Dijalan Rusak atau Tidak Rata 

Loh kok bisa begitu ya ? ban tubeless dulunya dibuat khusus untuk sepeda gunung pada tahun 1999, namun seiring berjalannya waktu kini ban tubeless dapat dipakai disemua kendaraan termasuk motor. Kebanyaan para pemilik motor memilih ban tubeless karena kepraktisan semata, tidak perlu susah payah menembel ataupun mengganti ban baru bila mengalami kebocoran. sedangkan ban tubeless cukup menambal ban dari luar. Namun jangan asal ganti ban tubeless begitu aja, perhatikan dulu jalan yang hendak Anda lalui tiap harinya.

Jika ternyata jalan banyak yang rusak hingga parah. Jangan deh menggunakan ban tubeless, alasannya ban tubeless untuk motor berbeda dengan ban tubeless khusus sepeda gunung. Ban tubeless khusus motor di desain dengan strustur lebih keras dan karet lebih tebal dan pada. Jika Anda sering melewati jalan rusak atau tidak rata, bisa beresiko merusak pelek dan ban cepat rusak dalam jangka waktu pemakaian tertentu. Jadi lebih baik menggunakan ban biasa saja, alasannya karena ban biasa lebih kuat menahan hantaman.

Ban Tubeless Hanya Cocok Digunakan Dijalan Mulus

Seringnya pengendara jika melewati jalan yang mulus segera memacu kendaraannya dan bermanuver ala pebalap Moto GP jika melewati tikungan. Nah, jika anda suka bermanuver seperti itu menggunakan ban tubeless sangat cocok sekali, karena ban ini didesain seperti itu yakni ban akan tetap stabil pada kecepatan tinggi dan daya cekremannya tinggi. Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki akses jalan yang baik dan mulus, jika ingin menggunakan ban tubeless ya boleh-boleh saja.

Namun pertimbangkan lagi poin ke tiga ini. Jangan sampai sudah ganti ban tubeless terus saat dipakai mengalami kendala. kendala apa itu ?

Baca juga Tekanan Ban Motor Itu Perlu Dicek Rutin Loh, Jangan Diabaikan


Apakah di daerah mu sudah ada tambal ban tubeless ?

Persepsi yang berkembang dimasyarakat salah besar yang mengira ban tubeless itu gak perlu ditambal jika bocor (terkena ranjau paku). Padahal ban tubeless tetap harus ditambal agar nitrogen tidak keluar meskipun secara perlahan. Seperti kita ketahui sendiri kebanyakan tukang tambal hanya bisa menambal ban biasa, ini menjadi problem tersendiri bagi pengguna ban tubeless, karena belum banyak tempat menyediakan tambal ban tubeless. Mungkin solusi yang bisa dilakukan ya saat mengganti ban tubeless, sekalian beli juga peralatan untuk menambal ban, untun antisipasi jika sewaktu-waktu kempes. haha….

Anda sudah mengertikan kan ? semoga artikel ini dapat diperhatikan oleh pengguna motor. Jika kondisi jalanan di daerah Anda kurang baik ditambah tidak adanya tukang tambal ban tubeless pertimbangkan tetap menggunakan ban biasa. Agar tidak kerepotan sendiri nantinya terutama masalah tambal ban tubeless.

Jangan lupa baca juga artikel Ganti Ban Tubeless Aja Motor Mu, Biar Gak Nembel-Nembel Melulu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *