Perhatikan Hal Ini Saat Mencuci Motor Injeksi

MotorkuID – Bagi pengguna sepeda motor matik pasti mengeluhkan jika motornya gampang kotor. Apalagi pada musim penghujan seperti ini. Tak hanya musim penghujan saja, waktu kemarau pun juga motor matik terlihat mudah kotor karena debu pada nempel pada body motor. Jadinya lebih sering mencuci motor matik.
Tahukah Anda ? Mencuci Motor Injeksi Itu Ada Caranya
Seperti kita ketahui bahwa motor injeksi itu sangat bergantung pada suplai listrik untuk mengaktifkan sensor-sensor pada mesin yang nantinya digunakan untuk menghidupkan motor. Jika suplai listrik tidak berjalan normal, motor injeksi tidak bisa hidup atau mogok.Salah satu penyebab motor injeksi mogok adalah karena kemasukan air. Biasanya masuknya air karena tidak hati-hatinya dalam mencuci motor injeksi. Penyebab lain adalah Yuk Ketahui Apakah Motor Injeksi Mudah Mogok Dikala Hujan

Setidaknya ada tiga komponen utama yang banyak terdapat sensor-sensornya yakni ECM, Throttle Body, dan Soket. Ke tiga komponen ini memiliki peranan yang cukup penting agar motor bisa hidup dan sangat bergantung kepada suplai listrik. Komponen ini sangat rawan atau tidak tahan air. Meski sudah dibekali komponen kedap air tetap saja penggunanya diharuskan tetap mewaspadai. Khususnya motor matik injeksi terdapat sebuah lubang kecil yang terdapat dibagian bawah yang bisa menjadi celah air untuk masuk. Masuknya air ini bisa masuk jika melewati jalan yang tergenang air atau saat mencuci motor.  Bisa Anda lihat gambar di bawah ini.

lubang kecil pada motor matik injeksi menjadi celah air masuk

Cara dan Tips Mencuci Motor Injeksi

Agar kejadian motor injeksi mogok tidak menimpa motor Anda, karena kemasukan air Anda perlu berhati-hati dalam mencuci motor injeksi. Yang perlu Anda perhatikan saat mencuci adalah lakukan penyemprotan atau penyiraman dari atas ke bawah, jangan sampai dari bawah ke atas. Hal ini dapat mengurangi tekanan terus-menerus selama penyemprotan atau penyiraman terutama komponen throttle bodi dan soket. 

Untuk bagian lain yaitu ECM yang letaknya dibagian atas spakbor belakang. Mencucinya usahakan jangan disemprot melainkan dibilas. Terlebih dahulu bagian tersebut disikat dahulu menggunakan lap atau spon lalu dibilas. Jika ingin disemprot jangan lakukan  terus menerus cukup 2 atau 3 kali semprotan saja.
Jika sering mencuci motor ditempat cuci motor mending Anda bicara langsung ke tukang cucinya jangan berlebihan menyemprot bagian-bagian yang telah disebutkan di atas dan tetap perhatikan saat dia mencuci.

Baiklah demikian hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci motor injeksi semoga dapat bermanfaat. Baca juga Liburan Sekolah Saatnya Plesiran Pakai Motor

2 thoughts on “Perhatikan Hal Ini Saat Mencuci Motor Injeksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *