Sebenarnya Simbol Markah Jalan Seperti Ini Dilarang Menyalip Loh….

MotorkuID.Com – Anda yang sering melewati jalan raya pastinya sudah sangat familier dengan garis yang ada ditengah jalan. Yah garis tersebut disebut garis markah jalan. Namun pernahkah Anda berpikir, sebenarnya apa arti markah jalan tersebut ?

Dilansir dari Wikipedia setidaknya ada 12 markah jalan yang harus diketahui setiap pengendara baik roda empat maupun roda dua. Namun dalam artikel ini hanya fokus membahas 2 markah jalan saja. Markah jalan ini sering banget dilanggar oleh para pengendara termasuk saya. hehe… Oke simak baik-baik ulasannya

Markah Jalan Garis Putus-Putus 

garis markah jalan putus-putus

Pada gambar di atas menunjukkan bahwa garis putus-putus yang artinya setiap pengendara diperbolehkan untuk menyalip kendaraan didepannya. Biasanya garis ini ada jika jalan yang dilalui berupa jalan lurus tidak berkelok-kelok .

Markah Jalan Bergaris Utuh 

garis markah jalan utuh

Gambar di atas menunjukkan garis utuh yang artinya setiap pengendara tidak diperbolehkan mendahului kendaraan didepan. Biasaya garis ini sering ditemui dijalan yang memiliki kelokkan tajam. Jadi jika Anda berada dijalan yang berkelok dan garis markah seperti di atas, jangan Anda coba-coba menyalip kendaraan di depan.

Sudah tahukan arti dari simbol markah jalan di atas yang tentunya sudah sangat familier sekali. Ternyata simbol seperti itu kerap sekali dilanggar oleh pengendara termasuk saya. Entah memang tidak tahu atau pura-pura tidak tahu. Melakukan tindakan yang bukan seharusnya bisa menyebabkan kejadian yang tidak kita inginkan.

Tahu sendirilah dijalan raya sering terjadi kecelakaan akibat kelalaian pengendara yang tidak memperhatikan jalan seperti simbol markah jalan diatas. Sudah tahu dilarang menyalip masih saja menyalip.

Berkaitan dengan markah jalan ini saya punya cerita mengenai kejadian yang hampir saja menimpa saya ketika hendak pergi ke Semarang. Ketika itu saya hendak menyalip mobil truk dan hampir terjadi tabrakan gara-gara ada kendaraan di depan dan beruntung tidak terjadi kecelakaan. Saya baru ingat jika saat itu jalan dalam kondisi sedikit berkelok dan garis markah menunjukkan garis utuh yang sebenarnya tidak boleh menyalip, tetapi saya malah memutuskan untuk menyalip. Ceritanya bisa Anda simak di artikel berikut ini Hufff Hampir Saja Tabrakan

Artikel mengenai markah jalan ini semoga dapat bermanfaat dan apabila artikel ini sangat bermanfaat tolong dishare ya ke sosial media. biar pada tahu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *