Tekanan Ban Motor Itu Perlu di Cek Rutin Loh, Jangan Diabaikan

MotorKuID.Com – Apakah Anda rutin mengecek tekanan ban motor? Jika tidak, setelah membaca artikel ini pastikan agar Anda mulai mengecek tekanan ban motor secara rutin minimal seminggu sekali.
Menjaga tekanan ban motor agar selalu sesuai dengan standar ban adalah hal yang mutlak dilakukan. Jika kondisi tekanan ban motor sesuai  bisa berdampak buruk bagi pemilik motor karena kelalaian ini bisa sangat mengancam keselamatan si pengendara.
tekanan ban motor perlu dicek rutin

Terkait masalah ini saya sedikit punya cerita ketika saya sedang melaksanakan kegiatan PKL di Kaligesing, Purworejo. Di sana jalannya menanjak dan turun serta banyaknya tikungan tajam. Ketika itu tekanan ban motor saya terlalu keras (bahasa jawanya katosen). Alhasil motor terasa slip jika melewati tikungan tajam. Apalagi ditambah kondisi jalan yang licin maka resiko ban tergelincir sangat besar sekali. Hal tersebut  disebabkan permukaan ban tidak semuanya menyentuh aspal.

Lantas bagaiaman jika tekanan ban kurang ? jika tekanan angin kurang terus sering ngebut maka beresiko ban meletus karena terjadi fluktuasi temperatur. Sedang jika sering melalui jalan yang berlobang tak hanya ban meletus tapi juga bisa menyebabkan pelek  motor ikut peang/pecah.
Ukuran Tekanan Ban Motor Yang Ideal
Penentuan tekanan ban setiap motor berbeda-beda. Namun rata-rata untuk motor yang sering dibawa sehari-hari rata-rata tekanan ban belakang sekitar 30 psi dan ban depan 28 psi. Jika motor sering buat berboncengan perlu ditambah 1 sampai 2 psi. Tekanan tersebut berlaku untuk semua jenis motor baik motor matic maupun motor bebek. 
Sebenarnya Anda dapat mengetahui ukuran tekanan ban motor dibagian samping ban motor. Pada motor bebek dapat dilihat dipenutup rantai belakang bertuliskan ukuran tekanan ban, sedangkan pada motor matic terletak di bagian tengah body motor.
Disitu sudah sangat jelas sekali berapa ukuran tekanan ban yang dianjurkan dan beban yang diperbolehkan. 
Cara Mengecek Tekanan Ban Motor ?
Untuk melakukan pengecekan ban motor sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum motor digunakan, karena udara mempunyai sifat memuai jika dalam kondisi panas jadinya ukurannya tidak akurat jika nantinya ditambah angin. Namun jika sudah benar-benar kempes saat dijalan ya apa boleh buat di sikat aja.  hehe …
Kesimpulannya adalah sebagai pemilik motor Anda perlu untuk selalu mengecek kondisi tekanan ban motor Anda agar saat mengendarainya tetap nyaman dan aman. Lagian untuk mengecek motor secara rutin hanya membutuhkan beberapa menit saja kok. 
Sebelum mengakirhi artikel ini tahukan Anda ? jika sering mengecek tekanan ban motor Anda bisa mengurangi resiko ban mengalami bocor. Ada yang ngasih testimoni loh jika selama ini dia sering rutin cek tekanan ban motornya.Hasilnya kurang lebih 3 tahun gak pernah bocor. Anda percaya ? Baca juga Yuk Cek Kondisi Ban Motor Mu, Apa Sudah Waktunya Diganti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *