Ternyata Perawatan Motor Injeksi Tak Butuh Waktu Lama Loh

MotorkuID – Stigma yang berkembang dimasyarakat bahwa motor injeksi itu membutuhkan teknik khusus untuk menservisnya atau perawatannya sehingga membutuhkan waktu lama dan biaya servis lebih mahal dibandingkan dengan servis motor konvensional (menggunakan karburator).

Ternyata stigma itu terbantahkan sebab menurut para mekanik dan pemakai motor sistem injeksi memberikan jawaban bahwa perawatannya gampang tidak serumit yang dikira dan biayanya juga lebih murah. dan yang pasti waktunya juga cepet. 

Saat saya servis motor Honda spacyhelm in pada KM 500 dan 4000 perawatan cukup cepat sekali. Saya melihat mekanik hanya membersihkan filter udara. Filter bensin dan semprot throttle body. Selebihnya hanya  mengganti oli transmisi, pengecekan lampu dan sistem rem serta tekanan ban.

Pesan saya bagi pengguna motor injeksi, lakukanlah servis berkala di bengkel resmi yang terdekat di daerah Anda, lihat buku panduan servisnya kan ada tuh jadwal-jadwal servisnya ikuti saja apa yang ada dibuku panduan servis agar motor tetap terjaga performanya.

Lebih lanjut berikut adalah  tips yang bisa saya share mengenai perawatan motor injeksi :
  • Lakukan perawatan motor Anda sesuai dengan jadwal servis yang ada di buku servis di bengkel resmi. Jika memakai motor Honda bengkel resminya Ahass
  • Setiap akan menggunakan motor terutama diwaktu pagi hari lakukan pengecekan mulai dari tekanan ban, rem, dan lampu, serta klakson. Perhatikan pula lampu MIL atau Milfunction Indicator Lamp jika menyala dan berkedip-kedip segera bawa ke bengkel resmi agar dapat didiagnosis permasalahannya. Karena Indikator lampu MIL yang berkedip dapat menunjukkan ada yang tidak beres pada motor bisa sistem kelistrikannya atau sistem injektornya.
  • Panaskan motor 1-2 menit setiap pagi
  • Saat akan menghidupkan mesin akan terdengar bunyi bersamaa lampu orange hidup dan akan mati waktunya sekitar 3 detik. Jika belum mati jangan langsung dihidupkan, hal ini agar memberikan kesempatan sistem ECU atau injector bekerja.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *