Ternyata Posisi Tangan Seperti Ini Saat Mengendarai Sepeda Motor Salah Besar, Apa Alasannya ?

MotorkuID.Com – Pernah terpikir bagaimana posisi tangan saat memegang handel gas sepeda motor yang benar ? Seperti kita ketahui aktivitas naik gas turun saat mengendarai sepeda motor merupakan bagian yang musti dilakukan, disamping itu adanya mekanisme pengeraman agar laju kendaraan sepeda motor bisa dikendalikan.

Sekarang saya ingin tanya dengan Anda, dari gambar berikut ini manakah posisi tangan yang benar saat memegang setang motor ?

posisi tangan yang benar saat memegang setang sepeda motor
Gb1 : Tangan mengepal sepenuhnya memegan handel gas

posisi tangan yang salah saat memegang setang sepeda motor
Gb 2 : Tangan mengepal handel gas sambil memegan tua rem

Pasti Anda berpikir bahwa dalam memegang setang motor yang benar nomor dua kan ? kebanyakan orang memang cenderung mengepal tangan pada setang sambil mengeluarkan satu atau dua jari (jari telunjuk dan tengah) dengan menempel pada tuas rem. Ternyata posisi demikian salah, yang benar adalah tangan mengepalkan sepenuhnya tanpa memegang tuas rem pada setang motor.

Saya sendiri lebih cenderung mengepalkan tangan sambil memegang tuas rem agar dapat memunculkan reflek yang cepat jika sewaktu-waktu sedang dalam kondisi yang kurang baik. Misalnya menghindari jalan yang rusak atau menghindari kendaraan di depan. Jadinya terkadang cuma mengandalkan pengereman depan.

Baca juga Ketahui Resiko Tarik Gas-Rem Bersamaan Pada Motor Matic

Dilansir dari Otomania, kecenderungan masyarakat yang demikian sebenarnya dapat menyebabkan hilangnya kontrol pada motor, karena biasanya rem belum sangat dibutuhkan sudah ditekan, bahkan secara berlebihan. Seharusnya posisi tangan mengepal pada setang motor, jangan ada jari yang menempel pada tuas. Agaknya memang terasa aneh tapi memang yang benar demikian.

Lantas bagaimana teknik pengereman yang benar itu ? Secara teori pengereman sebaiknya dilakukan secara bersamaan artinya, antara rem depan dan belakang dilakukan bersamaan agar motor pada posisi terkontrol. Jika dilakukan pengereman salah satu misalnya hanya menggunakan rem depan maka akan sangat membahayakan pengendara itu sendiri, karena otomatis ban belakang bisa-bisa menyebabkan tergelincir. Apalagi dilakukan pada kondisi jalan yang licin atau dalam keadaan hujan.

Kesimpulannya

Agaknya memang terasa aneh jika memegang handle gas sepeda motor harus mengepalkan tangan sepenuhnya tanpa memegangi tuas rem depan. saya sendiri lebih nyaman dengan posisi tangan memegang setang sambil memegang rem. Hal ini saya lakukan supaya cepet reflek saja, jika sewaktu-waktu dalam kondisi yang kurang baik. Apa jadinya jika dalam situasi jalan yang sangat padat dan dibutuhkan gerak reflek yang tinggi agar motor mudah dikendali.

Mari kita diskusikan masalah ini, soalnya tidak ada yang benar atau pun salah dengan cara kita memegang handel gas sepeda motor. Pilih yang full memegang handel gas, atau sambil memegang tuas rem. Terserah mana yang nyaman, yang terpenting adalah selalu waspada karena kejadian tak terduga akan mengintai kita didepan. Jangan lupa baca juga Dituntut Segera Hapus Premium, Pertamina Luncurkan Pertalite Awal Mei 2015

Sumber gambar : http://ridertua.com

One thought on “Ternyata Posisi Tangan Seperti Ini Saat Mengendarai Sepeda Motor Salah Besar, Apa Alasannya ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *