Usia 5 Tahun Motor Honda Supra X 125D ku performanya masih oke

MotorkuID – Sempat disinggung dalam artikel sebelumnya tentang benarkah inreyen motor matic harus digeber. Tepat pada tanggal 21 Juli 2014 motor Honda Supra X 125D saya berusia 5 tahun yang artinya harus ganti plat nomor baru.
Diusia 5 tahun tersebut motor tersebut performa yang saya rasakan masih cukup baik sekali. Buat melaju kencang juga oke dan tentunya BBM masih terasa irit walau tidak seirit waktu masih baru. Hehe
Apa saja onderdil yang pernah diganti ?
Yang pasti onderdil yang pernah diganti adalah bagian daleman setang kemudi motor yang harus diganti sebab dulu waktu masih 6 bulan memiliki motor tersebut saya mengalami kecelakaan. Untungnya saya cuma lecet didengkul saja. tapi motor saya ini cukup parah kerusakannya yang harus menelan biaya perbaikan sekitar 860 ribu.
Onderdil yang harus diganti waktu itu daleman setang kemudi, pelek ban depan, dan kaca lampu depan yang pecah.  Selebihnya pergantian onderdil yang memang sudah waktunya diganti seperti satu set gear rantai, kampas rem, dan sok belakang.
Kenapa kok performa motor masih oke ?
Mungkin karena motornya tidak dipakai pada jarak yang jauh. paling jauh pernah dibawa ke daerah Solo, Sleman, yogyakarta dan Borobudur, Magelang. untuk daerah pegunungan di daerah Goa Seplawan, Purworejo. Selain itu karena dulu proses inreyen yang baik. Jujur saja sih saya tidak tahu inreyen yang berhasil itu kaya apa. Tapi setahu saya inreyen yang berhasil itu ya kalo motor awet terutama mesinnya dalam pengertiannya turun mesin. Kan ada tuh motor yang baru berusia 3 atau 5 tahun sudah knalpotnya sudah ngebul. Itu karena proses inreyen yang tak benar. Ya mungkin ada benarnya juga. Yang paling penting sih jangan sampai telat ganti oli. Jika sudah menempuh jarak di atas 1000 Km atau motor mulai terasa tidak nyaman dipakai harus segera diganti oli, jangan ditunda-tunda lagi. 
Berikut adalah penampakan motor Honda Supra X 125 D saya yang usianya sudah 5 tahun

Demikan coretan artikel kali ini semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *