Wah Pak Polisi dan TNI Jadi Sopir Angkutan Dadakan

MotorkuID – Aksi mogok yang dilakukan oleh ribuan sopir  secara nasional, pada hari ini Rabu 19 November 2014 yang digagas oleh Organda (Organisasi Angkutan Darat) membuat para penumpang terlantar terutama para pelajar, Alhasil pihak kepolisian daerah dan TNI menyediakan transportasi guna mengangkut para pelajar pulang dan pergi ke sekolah. 

Di Purworejo sendiri, pasca kenaikkan harga BBM terbaru yang diputuskan oleh Presiden Jokowi, sejak pagi hingga menjelang malam tidak terlihat satu pun angkot maupun engkel yang tampak beroperasi. Biasanya tiap hari selalu ada lalu lalang angkot yang membawa penumpang.
Pantauan saya selama berkendara pakai sepeda motor jalanan cukup lengang. Berbeda sekali saat BBM belum diputuskan naik. Kendaraan sangat ramai sekali. Sejumlah SPBU di Purworejo tampak tidak banyak antrean yang terjadi, terlihat hanya 2-3 motor saja. Sedangkan mobil hanya beberapa saja tidak ada antrean yang berarti.

Wah Pak Polisi dan TNI Jadi Sopir Angkutan Dadakan
Aksi mogok beroperasi ini merupakan aksi protes atas sikap pemerintah yang menaikkan harga BBM bersubsidi sehingga cukup memberatkan para penggusaha dibidang jasa transportasi. Belum diketahui hingga sampai kapan aksi mogok ini berakhir.
Seperti dipostingan sebelumnya bahwa pemerintah telah menaikkan harga BBM bersubsidi baik premium dan solar naik Rp 2000. dengan kenaikan BBM sebesar itu Organda bernegosiasi dengan sejumlah pihak untuk menaikkan tarif jasa transportasi. Pantauan berita yang saya lihat bahwa sudah ada kesepakatan bahwa  melalui keputusan Kementerian Perhubungan menaikkan jasa angkutan umum  hanya 10%. Namun Organda mengaku kenaikan 10% tidaklah realistis, sebab tidak adanya insentif untuk transportasi umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *