Wow Tambal Ban Motor Tubeless, Ternyata Sangat Gampang Sekali. Gak Perlu Lagi Ke Tukang Tambal Ban

MotorkuID.Com – Jangan berpikir setelah mengganti ban tubeless bakalan tidak bocor-bocor lagi. Jangan salah, ban tubeless bisa mengalami kebocoran mana kala terkena ranjau paku atau beling di jalanan. Hanya saja ban tubeless memiliki keunggulan dari ban biasa (ban tube) yakni ban tidak akan langsung gembes yang dapat bertahan kurang lebih satu harian bahkan lebih.

Kalau kebocoran ban tubeless sudah semakin besar maka harus segera di tambal agar tidak lagi harus memompa ban terus. Nah diartikel ini akan dibahas bagaimana cara menambal ban tubeless secara praktis dan simple yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke tukang tambal ban.

Lem Super Glue – Gambar via saft7.com

Tambal ban tubeless ini menggunakan bahan-bahan seperti Lem Super Glue (harga sekitar Rp 2 ribua) yang dapat dibeli di pasar, benang jahit dan pompa manual.

Baca juga : Perhatikan Hal Ini Jika Anda Hendak Mengganti Ban Biasa Menjadi Ban Tubeless

Setelah ke dua bahan tersebut sudah disiapkan selanjutnya melakukan proses penambalan ban tubeless dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Cabut paku yang menancap pada ban tubeless dan habiskan seluruh udara lewat konter tempat pengisian angin. 
  • Setelah dipastikan udara keluar dengan sempurna, posisikan lubang di atas agar mudah terlihat 
  • Berikan lem yang telah disiapkan tadi dan tekan-tekan hingga lem benar-benar masuk ke dalam ban. 
  • Lakukan penyumpelan ban tubeless yang bocor menggunakan benang jahit sampai padat 
  • Terakhir berikan kembali lem dan lakukan penekanan supaya penembelan semakin kuat. 
  • Sebelum di isi angin, tunggu sekitar 30 menit hingga 1 jam agar ban tubeless yang baru di tambal benar-benar kering sempurna sehingga tidak mengalami kebocoran lagi. 

Sangat mudah bukan ?

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas Kamu dapat menembel ban tubeless sendiri tanpa harus pergi ke tukang tambal, sehingga lebih mengirit biaya. Asal tahu saja tambal ban tubeless lumayan mahal, untuk sekali tambal harga sekitar Rp 10.000 belum lagi kalo ternyata yang bocor ada di beberapa titik, yah tinggal mengalikan saja ongkos yang harus di bayarkan.

Suka artikel ini ? jangan sungkan untuk membagikan artikel bermanfaat ini ke temen Kamu. Jangan lupa baca juga Wow Pakai Ban Tubeless Motor Jadi Gesit di Jalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *