Yuk Cek Kondisi Ban Motor Mu, Apa Sudah Waktunya Diganti

MotorkuID – Melakukan pengecekan kondisi ban motoradalah salah satu hal yang penting sebelum berkendara. Sebab kondisi ban motor yang tidak prima bisa membahayakan pengendara. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai masalah onderdil yang cukup penting yaitu cara mengecek kondisi ban motor. Indikator apa saja yang perlu diperhatikan ? silahkan Anda simak penjelasan dibawah ini.
Cara Mengecek kondisi ban motor ? 
Ada beberapa indikator yang dapat kita jadikan patokan apakah ban motor sudah waktunya diganti dengan ban yang baru. Untuk ban luar diantaranya adalah melalui tanda yang ada di bagian samping ban yaitu tanda segitiga symbol ini biasa disebut TWI (Tread Wear Indicators yang fungsinya sebagai batas keausan ban yang diijinkan.

gambar ban motor tanda batas TWI keuasan yang diijinkan
tanda TWI – batas keausan yang diijinkan

Jika permukaan ban motor sudah menyentuh tanda ujung segitiga maka ban motor harus segera diganti dengan yang baru. Jika tidak segera diganti akan membahayakan si pengendara. Ban yang sudah seperti ini daya cengkramannya terhadap aspal sudah sangat berkurang. Jika berkendara dijalan yang berkelok-kelok akan terasa sekali ban terasa sering slip apa lagi pas turun hujan sehingga sangat membahayakan pengendara.

Baca juga Awas Jalan Di Purworejo Mulai Banyak Yang Berlobang

kondisi ban motor yang mulai aus
kondisi ban motor mulai aus

Kondisi ban seperti itu juga kemampuan peredamannya juga berkurang. Jadinya jika medan jalan yang rusak akan sangat terasa sekali guncangannya. Hal ini disebabkan karena kondisi karetnya yang mulai mengeras.

Sekarang coba periksa ban motor Anda apa permukaan ban motor sudah menyentuh tanda ujung segitiganya, jika sudah segera diganti dengan ban motor yang baru.
Berapa Usia Ban Motor Sebaiknya Diganti ?
Usia Ban yang ideal berapa bulan atau berapa tahun diganti itu juga bergantung dari seberapa sering menggunakan motor untuk bepergian. Jika terlalu sering juga semakin pendek usia ban. Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika sering dipakai berkendara maka permukaan ban juga akan berangsur cepat aus.
Untuk ban motor luar yang sering digunakan dalam keseharian biasanya usia ban tidak lebih dari 1,5 tahun untuk ban depan, sedangkan ban belakang sekitar 10 bulan lebih. Itu saja bisa lebih cepat tergantung frekuensi pemakaian motor. Sedangkan ban dalam terutama ban belakang biasanya sering terjadi bocor ban yang banyak penyebabnya. Jika sudah pernah bocor lebih dari 5 kali sebaiknya harus segera diganti. Namun demikian ban dalam yang tidak pernah bocor, umurnya bisa sampai setahun. Baca juga Wow Daerah Ini Tarif Ojeknya Termahal Di Indonesia

3 thoughts on “Yuk Cek Kondisi Ban Motor Mu, Apa Sudah Waktunya Diganti

  1. klo ban motor/mobil gue pake silica lucca produk manintenance tyres sungguh puas dan awet kagak pernah gembos/kempes apalgi ke tukang tempel ban… Puas bngeeeet dan gk kecewa dehhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *