Yuk Ketahui Apakah Motor Injeksi Mudah Mogok dikala Hujan

MotorkuID – Musim hujan menjadi problem tersendiri bagi para pengguna motor roda dua. Pasalnya jika hujan banyak ruas jalan akan tergenang oleh air hujan. Biasanya ini terjadi diperkotaan padat penduduk dimana sistem drainase jalan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Alhasil sebagai pengguna motor roda dua mau tidak mau harus melibasnya. Resiko yang pasti adalah motor menjadi mogok.
Bila motor mogok biasaya kebanyakan melanda motor yang masih menggunakan sistem karburator. Penyebabnya adalah masuknya air dalam karburator, sehingga membuat terganggunya proses pembakaran di ruang bakar pada mesin. Selain itu akan mempengaruhi sistem kelistrikan bahkan bisa mati karena kecipratan air.
Bagaimana dengan motor injeksi ?
Motor injeksi juga bisa saja mogok sewaktu menerjang genangan air yang tinggi, sehingga air masuk dan menyebabkan komponen kelistrikan dan komponen injeksi yang didukung oleh sensor sangat membutuhkan suplay listrik agar mesin dapat berfungsi sebagaimana mestinya.  
Biasanya masuknya air dalam ruang bakar melalui box filter udara. Jika sudah kemasukan air maka akan masuk ke alat injeksi, hasilnya motor tidak mau hidup. Selain itu motor injeksi saat ini seperti Honda Vario memakai sistem safety standar samping. jika difungsikan akan mematikan mesin tanpa perlu meng off kan kontak motor. Namun sistem standar samping ini berpotensi membuat motor menjadi mogok dikala hujan atau banjir, karena saklar standar samping kecipratan atau terendam air.
Lantas bagaimana cara mengatasi motor injeksi mogok saat banjir ?
Jika hal ini menimpa Anda, Hehe semoga tidak ya ? Oke berdasarkan hasil baca-baca di forum yang perlu diperhatikan jika motor injeksi mogok adalah jangan mendorong motor layaknya motor yang memakai karburator. Sebab tidak akan berhasil.
Yang perlu dilakukan adalah memastikan komponen kelistrikan pada motor injeksi tidak basah, caranya pada motor injeksi yang menerapkan sistem saklar standar samping  harus dilakukan penyemprotan menggunakan angin kompresor pada sistem saklarnya supaya kering, jika belum bisa perlu dibongkar dengan melepas baut pengikat saklar, setelah itu di semprot sampai kering.
Jika komponen kelistrikan yang berada di sistem ECU yang banyak sensor-sensornya, sementara ini yang bisa dilakukan ya menunggu sampai benar-benar kering baru dihidupkan lagi mesinnya, jika kebetulan berdekatan dengan bengkel resmi bisa coba ditanyakan disana. Hehe
Anda punya pendapat sendiri seputar apakah motor injeksi mudah mogok dikala hujan. silahkan berikan pendapat Anda dikolom komentar yang sudah disediakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *