Yuk Ketahui Cara Menghemat BBM Subsidi Ala Mahasiswa

MotorkuID – Seperti kita ketahui BBM bersubsidi sedianya akan dinaikkan sekitar Rp 3000 – 3000, belum diketahui kapan BBM akan dinaikkan. Namun yang pasti setelah mendengar berita di tv BBM naik itu sudah pasti. Nah jika BBM bersubsidi sudah naik tentu saja akan berdampak pada perekonomian masyarakat, terutama kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan, sektor transportasi juga akan mengalami dampaknya.Baca juga Resmi Harga BBM Subsidi Naik
Sebagai Mahasiswa tentu kenaikan harga BBM juga akan berdampak ke kita seperti kenaikan harga makan di warteg, biasanya uang Rp 8000 bisa buat makan dan minum es teh sekarang jadi mahal harus bayar Rp 9000 – 10000, tapi ya tidak semua warteg harganya naik. Kita sebagai mahasiswa harus berterimakasih loh dengan para penjual warteg-warteg di pinggiran jalan, yang sudah menyediakan makanan dan minuman yang sesuai dengan kantong mahasiswa, walaupun sebenarnya kebutuhan bahan pangan sudah naik. coba kalo yang diberjualan ala-ala restoran gitu. wah uang kita bisa jebol dalam beberapa hari. 

Oke berikut adalah tips menghemat BBM Subsidi Ala Mahasiswa

1. Menggunakan Motor Seperlunya saja
Jika kamu hendak bepergian gunakanlah motor secara bijaksana, jika memang jaraknya jauh bolehlah menggunakan sepeda motor, tapi jika jaraknya dekat utamakan jalan kaki atau naik sepeda. Jika kampus kamu dekat dengan kost usahakan jalan kaki aja atau naik sepeda biar sehat. Yang suka mejeng-mejeng dengan pacarnya sebisa mungkin pacaran gak perlu bepergian jauh-jauh cukup di kampus saja jika sudah tidak ada jadwal kuliah. hehe 
2. Lakukan Perawatan Motor Secara Berkala
Performa motor yang bagus akan berdampak pada konsumsi BBM lebih hemat. Untuk itu lakukan perawatan motor secara berkala seperti ganti oli mesin setiap 2000 Km. Meski saat ini banyak produk oli yang dapat dipakai hingga 4000 km tapi lebih baik jika sudah ditempuh jarak 2000 Km segera ganti oli (jangan sampai telat). Sebelum berkendara dipagi hari lakukan pemanasan motor 2-3 menit agar oli mesin dapat melumasi mesin secara sempurna. Selain itu pastikan selalu menjaga tekanan ban motor. Bagi pengguna motor sistem konvensional yang memakai busi dan karburator lakukan service secara berkala dan lakukan ditempat bengkel yang terpercaya. Bagi pengguna motor Honda atau Yamaha dapat melakukan service di bengkel resminya. 

Kebanyakan mahasiswa sih motornya banyak yang dipreteli gitu aliase dimodif gitu mulai dari mesin, body, ban motor, bahkan sampai mengganti onderdil aslinya dengan yang lebih bergaya lagi. Iya sih keren. Irit atau gaknya ? saya juga tidak tahu.. 

3. Saat Berkendara Jangan Terlalu Ngebut
Saat Kamu mengendarai motor terlalu ngebut atau kecepatan tinggi, bahkan sampai mengerem mendadak maka konsumsi BBM akan boros, karena kinerja mesin tidak konstan. Berkendaralah secara wajar, apa bila memang perlu untuk memacu kendaraan dengan cepat hindari pengeraman mendadak. Jadi diperlukan insting kamu untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memacu motor.

Jadi kalo mahasiswa yang memang kampusnya jauh mending berangkatnya diawal waktu biar tidak terburu-buru. misalnya masuknya jam 7 pagi ya coba berangkat jam 6 kan bisa santai dan sambil menikmati perjalanan pikiran juga tidak kemrungsung (bahasa jawa).

4. Usahakan Isi Bensin Pada Pagi Hari
Nah ini masih berkaitan dengan poin ke 3 jadi kamu berangkatnya pagi-pagi tentu bisa menghemat BBM ? gimana caranya isilah BBM jika sudah mau habis pada pagi hari karena jika diisi pada pagi hari tidak banyak BBM yang menguap akibat panas. Hal ini cukup berdampak pada penghematan BBM, dulu waktu saya masih sekolah SMK saya mengisi BBM selalu mengisi  bensin pada pagi hari. Hasilnya dalam satu minggu saya cuma mengisi bensin sekali kadang-kadang 2 kali. Ketika itu tiap hari pulang pergi sekolah jaraknya sekitar 30 KM. Saya dulu menggunakan motor Honda Supra X 125 D

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *